Thursday, January 10, 2013

Bacaan Penatalayanan - Bimbingan Allah Untuk Penatalayanan


Kebaktian Rabu Malam
GMAHK Kemang Pratama
09 Januari 2013
Bacaan Penatalayanan “ Mengelola Harta Milik Allah “
“ BIMBINGAN ALLAH UNTUK PENATALAYANAN “

Ibu Yunita Wuisan

 Perbaktian malam permintaan doa dihadiri oleh umat-umat Tuhan  yang selalu setia untuk hadir dalam ibadah kebaktian yang dimulai tepat pukul 07.30. Acara dimulai dengan mengundang kehadiran Roh Suci hadir melalui berdoa di dalam hati masing-masing yang dipimpin oleh ibu Diana Barnabas. Selanjutnya jemaat menyanyikan lagu sion nomor 172 “Pada Jam Ku Berdoa “sebagai lagu pembukaan dan dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh oma Tina.

Pada jam permintaan doa maka kesempatan untuk bersaksi  disampaikan dan juga topik-topik permohonan doa.  Kesaksian oleh oma Tina yang mengatakan, ‘ waktu hari Rabu yang lalu saya terbaring ditempat tidur oleh karena keadaan tubuh saya yang kurang sehat oleh karena diare yang terus menerus, badan saya lemas dan panas, namun setelah saya minum obat tubuh saya mulai lebih baik, tetapi oleh karena obat yang saya konsumsi membuat saya jadi sakit maag, dan puji syukur dua hari ini saya sudah akan lebih baik, mohon didoakan agar saya dapat lebih sehat lagi ‘. Selanjutnya  kesaksian oleh Pendeta Sonny Kapitan “ memohon untuk didoakan” untuk pemulihan kesehatan ibu N. Silitonga yang masih dalam perawatan di RS. Global dan mohon didoakan simpatisan yang rindu akan belajar Firman Tuhan dan menerima kebenaranan yakni, ibu Rindu, keluarga bapak Mamahit dan simpatisan-simpatisan lainnya. Kesaksian oleh ibu Adeline, “ Puji Tuhan “, oleh karena Tuhan telah memimpin saya dalam pergumulan, sewaktu adik saya yang bernama  Iskandar di rawat di RS. oleh karena dia sedang sakit paru-paru basah, banyak saudara-saudara seiman di Kemang Pratama yang telah membantu saya, dan mohon didoakan untuk kesehatan adik saya dan pergumulan imannya. Selanjutnya mendoakan pekan doa 10 hari yang akan diadakan pada tanggal 17 sampai dengan 26 Januari 2013. Dilanjutkan dengan mendoakan family of the month untuk bulan Januari yaitu keluarga bapak Harris Kore. Selanjutnya jemaat berdoa bertelut dua atau tiga orang.

Sebuah lagu pujian berupa solo oleh Pendeta Sonny Kapitan  dengan judul “ Tarik Aku Ya Yesus “ Lg Sion 62.
Firman Tuhan pada malam permintaan doa ini, mengingatkan akan  penatalayanan sangatlah  penting untuk dipraktekkan. Ketika manusia bertumpu pada apa yang menjadi miliknya, maka Allah sedang mengumpul suatu umat yang menempatkan keyakinan mereka pada janji-janjiNya. Bukti dari orang yang yakni beriman, maka ia akan aman terhadap kesombongan. Dalam Alkitab banyak peristiwa Yesus memberkati orang banyak sesuai dengan iman mereka. Secara harafiah Allah memiliki segala sesuatu. Allah adalah satu-satunya pemilik yang berkesinambungan dengan mengembalikan perpuluhan. Perpuluhan dikembalikan lebih dahulu. Dengan mengembalikan apa yang menjadi milik Allah  maka umat-umat Tuhan sedang hidup dalam suatu cara yang menyanggupkan Allah untuk memberkati umat-umatNya, dan Allah ingin memberkati. Perpuluhan dan Persembahan adalah suatu demonstrasi iman, kasih, dan pembangunan yang sistimatis. Tuhan menginginkan para pengikutNya, menyalurkan uang dengan melakukannya sendiri. Manusia perlu memperluas dirinya kea rah arah. Manusia perlu untuk mencapai kedalaman yang tiBimbingan dak diketahui dan berpegang pada janji Allah. Adalah rencana Allah untuk pengalaman-pengalaman mujizat iman dapat terjadi dalam kehidupan umat-umat Tuhan. Alkitab penuh dengan kejadian-kejadian yang menunjukkan kesanggupan Allah melakukan apa yang tampaknya mustahil. Himbauan, baiklah setiap umat Tuhan selalu setia jujur dalam mengembalikan apa yang menjadi milik Allah. Potensi umat-umat Allah tidaklah terbatas, dengan menunjukkan keyakinan teguh didalam kemungkinan-kemungkinan yang tidak terbatas di dalam menjalani kehidupan.

Acara kebaktian ditutup dengan jemaat menyanyikan lagu penutup nomor 195 “Tolonglah Aku Ya Allah.“  dan diakhiri dengan doa oleh ibu Yunita Wuisan. Kiranya menjadi berkat…

-Mei-