Saturday, January 05, 2013

Manusia Hidup dari FirmanNya


Kebaktian Vesper
GMAHK Kemang Pratama
04  Januari  2013
Pdt. Sonny Kapitan
Manusia Hidup Dari Firman-Nya “
Matius 4 : 4, Mazmur 130 : 5,6


Ibadah malam vesper pertama untuk tahun 2013 dihadiri oleh beberapa umat Tuhan yang selalu setia  hadir mengikuti perbaktian dan kebaktian diadakan pada pukul 19.30 tepat, dimana acara dipimpin oleh saudara Ridwan S.,  dengan terlebih dahulu diawali dengan mengundang kehadiran Roh Kudus melalui berdoa di dalam hati masing-masing. Selanjutnya jemaat menyanyikan  lagu sion nomor 64 “ Putih Bersih Ya Sperti Salju “ dan   doa oleh ibu Sitimey. Selanjutnya  Untuk menyambut  renungan Firman Tuhan yang akan di dengarkan sebuah lagu pujian disampaikan oleh bapak Willy Wuisan dan ibu Yunita  dengan judul  “ Jadilah Tuhan KehendakMu “.

Sabda Allah melalui Firman Tuhan pada malam ini dibawakan oleh Pendeta Sonny Kapitan,  yang memberikan pelajaran dari Kitab Injil Matius pasal 4, dimana ketika Yesus di cobai oleh Setan selama empat puluh hari. Manusia menciptakan sebuah pesawat terbang atau mobil dari bahan yang sudah ada, atau yang sudah dimodifikasi dari yang sudah ada, sedangkan Allah menciptakan dari yang belum pernah ada. Umat-umat Tuhan haruslah memiliki persiapan dalam mengawali tahun dan hari-hari yang ada di depan, dan merenungkan, apakah langkah hidup yang akan dilakukan dan akan digemari oleh setiap orang yang ada di sekitar lingkungan, yang akan mendatangkan berkat. Karena Yesus-pun demikian ketika memulai pelayananNya di dunia ini, oleh karena  manusia hidup bukanlah dari roti saja. Ada hal-hal yang begitu indah yang akan dimiliki meskipun ada tantangan dan pergumulan dalam menjalani hidup, namun hendaklah umat-umat Tuhan selalu percaya akan pimpinan Tuhan. Sebagai anak-anak Tuhan haruslah memiliki slogan-slogan rohani,  seperti, “ tidak pernah tertidur secara rohani “, atau “ Never Sleep “, Kitab Mazmur 130 : 5,6, mengatakan akan janji bahwa harapan Firman akan menjadi milik umat-umat Allah. Kehidupan yang akan dijalani dengan mengharapkan akan tuntunan Tuhan, dan hidup sungguh-sungguh bersama-sama dengan Allah. Himbauan, umat-umat Tuhan hendaklah menggunakan lebih banyak waktu bersama dengan Allah karena manusia hidup hanya dengan Firman Tuhan, mendasari segala sesuatu dengan Firman Tuhan oleh karena manusia hidup bukan dari Roti saja.

Kebaktian vesper ditutup dengan Jemaat menyanyikan lagu berjudul 119 “ Di Tempat Yang Lebih Tinggi ”  dan dilanjutkan dengan dengan doa penutup oleh bapak Muas Tambunan. Untuk mengakhiri acara kebaktian Vesper maka jemaat bersalaman dan  membentuk lingkaran  di luar  gereja dan sambil bergandengan tangan menyanyikan lagu “ God Is So Good “ serta mengucapkan selamat Sabat dan yel-yel Sabat. Semoga menjadi sukacita dan berkat bagi kita semua dan kepujian bagi nama Tuhan.

-Mei-