Sunday, January 06, 2013

Ada Di Dalam Kristus


Kebaktian Sabat
GMAHK Kemang Pratama
05  Januari  2013

“ ADA DI DALAM KRISTUS “
Ayat Inti : 2 Korintus 5 : 17

Penghotbah oleh Gembala  Jemaat : Pendeta Sonny Kapitan


Sabat ini merupakan sabat pertama di tahun 2013, dimana umat-umat Tuhan bersukacita dengan bersyukur dan berbakti dalam menyambut tahun yang baru. Acara perbaktian pada jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh saudari Fidella Tambunan dan diiringi pianis saudari Felicia Tambunan  Selanjutnya  bacaan Alkitab bersahutan dipimpin oleh bapak Jeff Eman  dan dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan lagu Sion nomor 37 “ Apabila Damai Perjalananku “ di lanjutkan dengab doa syafaat dipimpin oleh bapak Ramli Manurung. Bacaan persembahan dibawakan oleh bapak Erhart Tobing dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemberian persembahan oleh diakon. Cerita anak-anak penghantar khotbah dibawakan oleh  ibu Sitimey Kapitan  yang berjudul “ Segelas Susu “ yang menghimbau anak-anak untuk menjadi anak yang suka berbuat baik kepada setiap orang tanpa membeda-bedakan sama seperti Yesus yang adalah Kasih. Selanjutnya sebuah lagu pujian solo dibawakan oleh ibu Donna Manurung.


Firman Tuhan pada Sabat ini menekankan serta mengingatkan kepada umat-umat Tuhan yang hadir untuk selalu ada di dalam Kristus dan memperbaharui kehidupan yang lama sama seperti Raja Daud  yang sudah sangat lelah dengan cara hidup yg lama, dan dalam keberadaannya ia ingin membuang semua kehidupan yg lama  serta memiliki suatu kemauan untuk menjangkau kehidupan yg baru, demikian pula dengan kehidupan umat-umat Tuhan sekarang ini, hendaklah memiliki kehidupan yang baru di dalam Kristus. Dengan memperbaharui kekuatan Rohani dengan Roh Kudus maka seseorang adalah ciptaan baru serta menjadi yg lain berbeda dgn orang yg lama di dalam dirinya. Daya cipta ulang dari Allah itu hanya dapat terlaksana bergantung  pada kemauan manusia. TUHAN tidak pernah memaksa kehidupan baru pada setiap jiwa. TUHAN memberikan pada setiap manusia kemauan dan suatu  kuasa untuk memilih “The Power of Choice”  yakni kemauan untuk memilih yang benar atau yang salah. Kristus  Tidak pernah memaksa kemauan manusia, setan   demikian pula tidak dapat mengendalikan       kemauan manusia, namun hanya dapat menghimbau kepada kemauan manusia itu, apakah yg telah dilakukan Yesus yaitu telah mengorbankan diriNya di Golgota, ini adalah cara Kristus menghimbau manusia melalui pengorbanan di Salib. Himbauan, Tidak ada suatu kesempurnaan manusia yang dapat diandalkan, perbuatan manusia yang paling baikpun   harus disucikan oleh darah-Nya, sebab bila tidak, tidak ada satupun yang dapat bertahan pada pandangan mata Allah yang tidak mengenal dosa. Boleh jadi umat-umat Allah  merasakan atau tidak merasakan kehadiran Allah, tetapi Roh Kudus selalu dekat dengan umat-umatNya yang ingin  dan mau bertobat.

Untuk meng-aminkan Firman Tuhan maka kebaktian khotbah ditutup dengan jemaat menyanyikan pujian dari lagu sion  nomor 84 “ Jadilah Tuhan Kehendak-Mu “ dan dilanjutkan dengan doa berkat oleh Pendeta Sonny Kapitan. Selesai acara perbaktian, jemaat dan para tamu yang hadir saling bersalaman. Selanjutnya jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potlak bersama dan mengikuti acara – acara selanjutnya dan mengikuti acara PA pada pukul 16.30.

-Mei-