Wednesday, November 23, 2011

Sabat 19 November 2011

Laporan Pelayanan Perorangan

Sabat 19 November 2011

BELAS KASIHAN

Dorongan Pelayanan Perorangan (PP) pada hari Sabat, 19 November 2011 dibawakan oleh ibu D. Napitupulu, anggota jemaat Narogong, Bekasi. Sabat ini merupakan Sabat Gabungan jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) wilayah IV Konferens DKI Jakarta & sekitarnya sehubungan dengan akhir seri KKR yang berlangsung pada tanggal 16-19 Nov 2011.

Ibu D. Napitupulu mengawali dorongan PP dengan mengajak jemaat untuk mengucapkan yel-yel penginjilan: “Mari menginjil, Yesus pasti datang segera. Yesus pasti datang segera, mari menginjil”. Kemudian ibu D. Napitupulu menyatakan bahwa hati yang tulus dan berbelas kasihan akan sanggup mengembalikan orang-orang yang sedang menuju kehancuran hidup. Mereka hanya dapat bebas oleh karena kebaikan Yesus Kristus. Apa yang kita harus lakukan adalah memberitahukan kepada semua orang yang sedang berada dalam kesukaran hidup, bahwa Allah sendiri telah menyediakan cara untuk melepaskan mereka.

“Tapi bagaimana caranya? “ kata ibu Napitupulu. ”Saya ingat betul”, lanjutnya “almarhum bapak Saya dipanggil pendeta di daerah Saya padahal dia bukan pendeta tapi anggota biasa yang mau bekerja buat Tuhan. Apakah kita semua harus bercerita/berbuat dengan cara yang sama? Kita dapat melakukan hal-hal yang berikut:

1. Dengan media yang menjamur sekarang ini seperti Twitter, FB, email, HP, kita boleh sampaikan Firman Tuhan.

2. Dengan KPA=Kelompok Pendalaman Alkitab. Puji Tuhan di jemaat banyak ibu-ibu yang terlibat KPA. Dari pada ngumpul menggosip, lebih baik menggospel. Tidak ada untung menggosip orang lain, belum tentu benar, bisa berdosa. Dengan membagi Firman Tuhan, ibu-ibu menjadi rohaniawan dan kita dapat berkat dan menjadi kompas.

3. Partisipasi financial. Mungkin saudara berkata, “Saya tidak punya waktu”, tapi saudara bekerja dan punya penghasilan, bagikan berkat itu untuk penginjilan, karena penginjilan memerlukan dukungan financial. Pada umumnya orang berpendapat bahwa apabila kita member, apalagi banyak, maka kita akan kehabisan, tetapi Alkitab berkata dalam Amsal 11:25=Siapa banyak member berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.

4. Dengan doa. Doa setengah dari pekerjaan. Semakin banyak berdoa, semakin besar kuasa. GMAHK punya program DOA 777.

5.

Masih banyak hal yang bisa kita perbuat untuk melakukan belas kasihan membagikan Firman Tuhan kepada sesama manusia.

Pada akhir dorongan PP, ibu Napitupulu mengatakan jangan pernah berpikir bahwa saudara dan Saya adalah orang Kristen kelas 2, karena bukan sehebat Petrus atau Paulus dalam bersaksi. Temukan metode untuk diri sendiri, kemudia keluar dari rumah kita dan menggunakannya untuk kemuliaan Allah. Hidup dengan iman, tidak takut. Tuhan memberkati kita. Amin.

-JS-