Sunday, November 18, 2012

Apel Emas


Kebaktian Sabat
GMAHK Kemang Pratama
17 November  2012
"Apel Emas"
Ibu Annie Simanjuntak-Direktur Path Finder

Sabat ini merupakan Sabat yang istimewa bagi Adventurer dan Pathfinder Club oleh karena sabat ini merupakan Hari Sabat Pathfinder dan Adventurer. Beberapa tamu yang datang bersabat bersama umat-umat Tuhan di jemaat Kemang Pratama adalah Angklung BWA Konferens DKI. 

Acara perbaktian pada jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh sdri. Sandy dan sdri. Kimberly dan diiringi pianis oleh Timothy Purnama. Selanjutnya  bacaan Alkitab bersahutan dipimpin oleh bapak Chandra Perangin-angin  dan dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan lagu sion nomor 288 “Buka Mataku, Ya Tuhan.” Doa syafaat dipimpin oleh sdr. Ridwan.

Selanjutnya  sebuah lagu pujian oleh Angklung BWA Konferens DKI dengan pimpinan oleh ibu Tetty Tambunan. Bacaan persembahan dibawakan oleh Bapak Edward Mangunsong dan dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemberian persembahan yang dikumpulkan oleh diakon.


Angklung BWA Konferens DKI membawakan lagu kedua dengan judul “Still The Storm”.  
Diikuti oleh sebuah  lagu pujian yang dibawakan oleh Pathfinder dan Adventurer club dengan judul “Give Thanks.”

Sebuah cerita anak-anak penghantar khotbah dalam bentuk drama dibawakan oleh  anak-anak Pathfinder dan Adventurer Club yang dipimpin oleh 


Sdri.Fidella Tambunan yang berjudul “Saulus Menjadi  Paulus” dimana menghimbau anak-anak untuk selalu setia kepada Tuhan.
 

Nyanyian “Tuhan Bersabda Padaku” merupakan   sebuah lagu pujian mengiringi khotbah dan Sebuah yel-yel Pathfinder dan Adventurer diberikan kepada semua anak-anak.


Mengawali khotbah dengan Ayat inti yang terdapat di Amsal 25 : 11, dimana memberikan sebuah pelajaran penting bagi orang tua dan juga semua anak-anak Adventurer dan Pathfinder. Tekhnologi yang ada sudah dapat diikuti oleh setiap orang bahkan anak kecil sekalipun. Tetapi kemajuan ini haruslah diseimbangkan dengan pendidikan moral yang seimbang.  Perkembangan tekhnologi haruslah diperhatikan  keberadaannya bagi anak-anak. Seorang ibu memiliki peranan yang utama dalam dan mendidik anak-anak demikian juga orang tua rohani di dalam jemaat. Kegiatan didalam gereja haruslah diikuti oleh setiap anak untuk memenuhi perkembangan dalam kerohanian. 


Seorang penulis menyatakan bahwa “Seseorang akan dapat melakukan apabila dia berpikir dapat  atau You can if you think you can.” Buah  apel emas dapat berupa kata-kata yang tepat dan positif. Karena kata-kata adalah benih. Sebuah kata-kata haruslah merupakan sebuah kata-kata yang positif dan dengan pertolongan dan karunia dari Yesus maka setiap orang dapat dimampukan untuk berkata-kata yang  positif. Sebagai anak-anak Tuhan hendaklah takluk di bawah perintah Allah.  


Pendapat orang lain tidaklah menentukan nasib seseorang, namun dengan membekali diri dengan hal-hal yang positif, dan meminta kemurahan Tuhan untuk dapat melakukan segala sesuatu dengan baik dan benar.  Hal-hal yang positif ditunjukkan dengan cara mengucapkan kata-kata, aku sanggup, berbicara kemenangan dengan iman. Himbauan, marilah umat-umat Tuhan para orang tua memberikan apel emas kepada setiap anak-anak. Dan segala perkataan haruslah yang baik dan benar serta penuh dengan iman diberikan kepada anak-anak. 


Sambutan akan Firman Tuhan yang indah dan ditutup dengan jemaat menyanyikan lagu sion nomor 286 “Yesus Panggil, Aku Ikut” dan  dilanjutkan dengan doa oleh ibu Annie Simanjuntak. Jemaat keluar dengan teratur dan saling bersalaman. Selanjutnya jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potlak bersama. Acara sabat siang selanjutnya diadakan oleh Adventurer dan Pathfinder beserta para Pembina dan beberapa orang tua dan Pendeta Sonny Kapitan dengan mengunjungi sebuah Panti Asuhan yang terdapat disekitar Gereja Kemang Pratama pada pukul 14.30Wib. dan dilanjutkan dengan acara PA ditempat tersebut sampai tutup sabat bersama-sama dengan anak-anak Panti Asuhan. Kiranya Tuhan Memberkati. Amin.


-Mei-