Saturday, November 24, 2012

Dahan Belang


Kebaktian Vesper 
GMAHK Kemang Pratama
23 November  2012
Pdt. Sonny Kapitan
“DAHAN BELANG“

Ibadah mingguan pada kebaktian malam vesper dihadiri oleh umat-umat Tuhan yang telah sepanjang minggu dipenuhi aktivitas yang  rutin meskipun cuaca disertai hujan rintik-rintik dan merupakan suatu kesempatan yang indah untuk berbakti bersekutu bersama -sama.

Kebaktian diadakan pada pukul 19.30 tepat , dimana acara dipimpin oleh bapak Viertin Tobing,   dengan terlebih dahulu diawali dengan mengundang kehadiran Roh Kudus melalui berdoa di dalam hati masing-masing. Selanjutnya jemaat menyanyikan  lagu sion nomor 90 “Percaya Yang Menang “ dan   doa oleh bapak Willy Wuisan.  Untuk menyambut  renungan Firman Tuhan yang akan di dengarkan sebuah lagu pujian berupa Duet yang dinyanyikan oleh sdr. Didin dan Rendi Papudi.

Firman Tuhan pada malam ini dibawakan oleh Gembala Jemaat Pendeta Sonny Kapitan yang  berjudul “Dahan Belang”, ada sejenis dahan yang dari pohon Damar, dalam Kitab kejadian 7 : 33-40, seorang yang bernama Yakub yang dapat dialami oleh setiap orang. Dimana keberuntungan itu sulit untuk didapatkan. Yakub jatuh cinta kepada Rachel, namun dia harus bekerja untuk mendapatkan Rachel, namun yang diberikan adalah Lea dan dia harus bekerja tujuh tahun lagi untuk mendapatkan Rachel. Ada tiga macam yang berbelang-belang, Dahan belang ini menggambarkan bahwa Allah berkuasa. Pertama, Orang yang ingin sukses haruslah memiliki mimpi dan angan-angan yang baik, sehingga dapat tercapai angan-angan yang benar. Kedua, adalah tindakan, yang disertai dengan kesungguh-sungguhan adalah penting untuk mencapai cita-cita atau angan-angan yang baik. Haruslah memiliki iman yang tekun yang tidak tanggung-tanggung. Yang ketiga adalah iman, dimana iman sangat lah penting untuk mencapai kehidupan kekristenan. Himbauan, marilah kita memiliki iman kepada Yesus dalam menjalani kehidupan kekristenan.

Ibadah kebaktian vesper ditutup dengan Jemaat menyanyikan lagu berjudul 125 “ Apakah Jangkarmu Akan Tahan” dan dilanjutkan dengan dengan doa penutup oleh pendeta Sonny Kapitan. Untuk mengakhiri acara kebaktian Vesper maka jemaat bersalaman dan  membentuk lingkaran  di dalam  gereja dan sambil  bergandengan tangan menyanyikan lagu “God Is So Good” serta mengucapkan selamat Sabat dan yel-yel Sabat. Semoga menjadi sukacita dan berkat bagi kita semua dan kepujian bagi nama Tuhan.

-Mei-