Friday, November 16, 2012

Berapa Harga Hidup Anda?


Matius 6 : 27 – “Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?  

Saya tengah berjalan pulang saat mata saya tertuju pada satu plang besar yang terpampang di salah satu jalan di kota ini. “Jual Tabung Oxygen”.  Sekilas saya melihat banyak yang mengantri di depan toko tsb. Tertarik dengan apa yang saya lihat, saya mencoba menghampiri toko itu dan bertemu dengan beberapa orang yang sementara menunggu di ruang paviliun yang disiapkan cukup nyaman disana.

“Saya memerlukan alat bantu ini untuk orang tua saya yang sedang sakit di rumah, setelah beberapa bulan di rawat di RS kami membawanya pulang karena keterbatasan biaya”, jawab   wanita  itu saat saya bertanya untuk apa dia membeli tabung oxygen.  “Harganya cukup mahal,” dia melanjutkan.  “Tidak termasuk regulator, biaya yang saya harus keluarkan sebesar Rp 1,150,000 untuk tiap 1/2m3 dengan isi 5kg, dan akan habis dalam tempo satu jam jika digunakan nonstop”, dia berujar seraya mempermainkan kunci kontak mobil di tangannya.  Wajahnya tampak gelisah dan gusar saat bercerita dengan saya. Saya coba menatap wajahnya, dan tanpa sadar saya mengernyitkan kening tanda heran dan kaget dengan biaya yang dia sebutkan. “Saya akan lakukan apa saja untuk ibu saya, seberapa mahalpun biaya yang harus saya keluarkan”, dia meneruskan ucapannya seakan menjawab keheranan saya.

Sejenak saya terpikir untuk mengkalkulasi secara matematika, reflex saya mengambil handphone saya dan segera menghitungnya.  Saya benar2 harus mengatakan “Wow” saat mendapatkan figure angka yang dibutuhkan. Jika tiap satu jam dia memerlukan 5kg tabung oxygen, maka dia membutuhkan 120kg tabung gas setiap hari, dan dia harus rela mengeluarkan biaya Rp 27, 600,000 setiap hari. Jika dia sakit selama satu bulan, maka dia membutuhkan tabung oxygen sebanyak 3600kg tiap bulan, dengan biaya 828,000,000 per bulan.  Benar2 angka yang cukup fantastis untuk nilai sebuah kehidupan. !

Saudara, saat kita bangun di pagi hari, ketika kita membuka mata dan melihat sekeliling kita, keluarga, pemandangan bunga2 dan pohon2 indah di luar sana, embun yang kadang masih menempel di dedaunan, kicau burung riang bernyanyi, adakah kita mengucap syukur atas kesempatan untuk dapat bangun di pagi hari dan menikmati udara pagi adalah Anugerah terbesar yang Dia berikan kepada kita ? Pernahkah kita berpikir bahwa oxygen yang kita terima secara cuma2 setiap hari adalah Karunia terindah yang dia percayakan untuk kita.?  

Sementara kita masih belum memerlukan alat bantu tabung oxygen, mari kita gunakan sisa hidup kita untuk hal2 yang berguna bagi sesama, keluarga, teman dan sahabat, juga orang2 yang ada di sekeliling kita.  Ayat renungan kita pagi ini memberikan pelajaran yang cukup mendalam, bahwa kita tidak dapat menambah sehasta-pun kehidupan kita.  Hanya Dia. Hanya atas kuasaNya saja kita masih dapat hidup sampai saat ini. Hidup menjadi berkat bagi orang lain adalah teladan yang Yesus Kristus inginkan dari setiap orang yang percaya kepadaNya.  Karena hidup adalah sebuah Anugerah, hidup hanya satu kali, maka pergunakanlah hidup kita untuk melakukan hal2 yang benar dimata Tuhan.  Selamat menjalani hari libur, selamat hari “persiapan”. Tuhan memberkati.

“..You only live once, but if you do it right, once is enough” – Mae West.


Mari Kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat Kita dengan menggunakan tombol “Tell A Friend” dibawah ini: