Monday, November 19, 2012

Pilihan Jitu


Kebaktian Vesper
GMAHK Kemang Pratama
16 November 2012
Pdt. Sonny Kapitan
"Pilihan Jitu"

Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!"
Yosua 24 : 15
Acara kebaktian malam vesper dihadiri oleh umat-umat Tuhan yang telah sepanjang minggu dipenuhi aktivitas yang  rutin, sementara libur panjang di akhir minggu ini dan merupakan suatu kesempatan yang indah untuk berbakti bersekutu bersama-sama. Kebaktian diadakan pada pukul 19.30Wib. tepat, dimana acara dipimpin oleh ibu Annie Simanjuntak, dengan terlebih dahulu diawali dengan mengundang kehadiran Roh Kudus melalui berdoa di dalam hati masing-masing. Selanjutnya jemaat menyanyikan  lagu sion nomor 287 “Apa Kita Hidup Dekat Yesus” dan doa oleh bapak Richard Pelaupessy. Untuk menyambut  renungan Firman Tuhan yang akan di dengarkan sebuah lagu pujian disampaikan oleh bapak Ramlan Sormin.

Firman Tuhan pada malam ini dibawakan oleg Gembala Jemaat Pendeta Sonny Kapitan yang  berjudul “Pilihan Jitu” yang mengisahkan bagaimana Yosua mengalami pengalaman bersama Tuhan. Yosua memiliki pilihan yaitu untuk beribadah kepada Tuhan dia dan seisi rumahnya ataupun keluarganya. Pada tahun 1982 sebuah kapal Tampo Mas  terbakar dan tenggelam, ketika kapal terbakar banyak orang ketakutan dan menjerit ketakutan. Ada yang berlari kesana kemari, ada yang langsung terjun kelaut, ada yang hanya terpana kebingungan, dan ada yang bernyanyi kepada Tuhan. Beberapa orang yang bernyanyi ini merupakan orang yang selamat pada saat kapal tersebut tenggelam. Ini merupakan pilihan jitu disaat yang genting dalam menghadapi masalah. Bangsa Israel harus tinggal berpindah-pindah dalam  perjalanan menuju tanah Kanaan. Banyak gaya hidup yang mereka ubah ketika sampai di tanah Kanaan. Bangsa Israel harus berusaha mengusahakan untuk tetap hidup. Ada banyak pengaruh-pengaruh disekitar lingkungan tanah Kanaan kepada bangsa Israel bahkan dalam segi peribadatan kemana mereka harus beribadah dan bahkan dihadapkan kepada pilihan-pilihan. Josua memilih untuk tetap setia kepada Tuhan. Seperti bangsa Israel, maka umat-umat Tuhan pun diwaktu yang terlewati ada banyak pilihan-pilihan. Memilih untuk bergantung kepada penyertaan Tuhan ataupun bergantung kepada diri sendiri.

Himbauan, marilah kita memilih pilihan jitu untuk tetap setia kepada Tuhan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup dan tetaplah setia sampai Tuhan datang.
Ibadah kebaktian vesper ditutup dengan Jemaat menyanyikan lagu berjudul 34 “Kupuji Tuhan Yang Jadikan”  dan dilanjutkan dengan doa penutup oleh pendeta Sonny Kapitan. Untuk mengakhiri acara kebaktian Vesper maka jemaat bersalaman dan membentuk lingkaran  di halaman  gereja sambil bergandengan tangan menyanyikan lagu “God Is So Good” serta mengucapkan selamat Sabat dan yel-yel Sabat. Semoga menjadi sukacita dan berkat bagi kita semua dan kepujian bagi nama Tuhan. Amin.


-Mei-