Friday, May 13, 2011

Dekat Dengan Ibadah


Ibrani 10:25, “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasehati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.”



"Papa, saat ini sudah pukul 7 malam, bersiap-siaplah kita pergi kebaktian Rabu malam ke gereja!", kata istriku mengingatkan. "Ah, … Mama, badan saya kurang enak”, sahutku ketika itu. “Papa lebih baik istirahat dulu deh malam ini daripada nanti semakin buruk kesehatanku”, lanjutku berujar kepada istri. Terima kasih karna Mama udah ingetin supaya kita pergi ke kebaktian di gereja. Tentu kita berterima kasih bila ada anggota keluarga yang mengingatkan kita untuk menghadiri acara kebaktian gereja bila kita lupa.

Malam itu saya gunakan waktu untuk beristirahat guna menghindari penyakit yang lebih berat menimpa diri saya. Saya berpikir bahwa kita memerlukan dorongan dari jemaat Tuhan untuk membantu kita menjadi orang Kristen yang kuat dan dinamis. Menghadiri gereja dengan teratur adalah salah satu cara memperoleh dorongan itu. Itulah anjuran bacaan Alkitab hari ini. Tetapi, seandainya kita tidak dapat bersekutu dengan jemaat Tuhan secara teratur, akankah pengabdian kita menjadi dingin dan akankah kita mulai kehilangan minat kepada hal-hal rohani? Itu semua tergantung pada sikap dan minat kita.

Apabila oleh karena penyakit atau keadaan yang tak terduga membuat kita tidak dapat datang ke gereja, kita dapat tetap tumbuh dan menjadi kuat. Tuhan membuat pemeliharaan khusus bagi kasus-kasus semacam itu. Apabila sakit dan keterbatasan usia, atau alasan-alasan lain membuat anda terpisah dari gereja, janganlah merasa bersalah atau merasa dilupakan. Anda dapat berdoa untuk pelayanan, kebutuhan-kebutuhan gereja dan jemaat-Nya. Kita yang dapat menghadiri gereja dengan teratur harus mengunjungi atau melawat orang-orang yang tidak dapat hadir dengan teratur. Untuk itulah anda dan saya dipanggil agar saling menguatkan satu dengan yang lain. Orang-orang beriman yang dipisahkan oleh jarak dapat tetap merasa dekat karena mereka dipersatukan di dalam Kristus. Hadirlah dekat dengan hadiratNya melalui persekutuan sesama umat Allah.


Mari kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat kita dengan menggunakan tombol "Tell A Friend" di bawah ini.