Wednesday, May 04, 2011

Memberi Bagi Tuhan


Kisah Para Rasul 20:35, “Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berharga memberi daripada menerima.”



Hampir setiap hari aku menikmati lagu-lagu di dalam bis kota pada saat aku berangkat dan pulang dari sekolah. Dalam satu kali perjalanan lebih dari dua kali aku menikmati lagu-lagu yang dinyanyikan oleh para pengamen. Pertama kali aku merasa terganggu dengan hal ini, tapi lama kelamaan aku menikmati bahkan kadang mereka menyanyikan lagu yang sedih, lucu, gembira, nostalgia dan kadang lagu rohani, bahkan aku selalu menyisihkan sedikit uang untuk diberikan pada mereka tanda aku berterima kasih telah dihibur dan aku mengasihani mereka.

Suatu kali aku melihat seorang pengamen dengan lagu yang tidak enak bahkan membuat telingaku bising, tapi pada saat aku memperhatikannya aku sangat terharu, aku melihat matanya buta, kakinya pincang, sehingga aku ingin memberinya uang lebih banyak dan aku memintanya pada Mama dengan menunjukkan rasa kasihan kepada pengamen tersebut. Aku merasa senang karena Mama pun terharu dan memberi uang padaku lebih banyak dari biasanya dan aku segera memberinya. Tapi… setelah selesai mengamen aku melihat ke belakang, aku sangat kecewa, merasa dibohongi dan merasa sudah mengecewakan Mama yang sudah ikut mengerti akan perasaanku, ternyata sang pengamen turun dari bis dengan kaki yang tegak, berjalan dengan lancar, mata terbuka lebar.

Aku minta maaf sama Mama, karna Mama pun ikut kecewa, tapi aku dikuatkan oleh Mama karena Mama menjawab, ”Jangan kecewa karena engkau telah memberi pada Tuhan”, hal ini membuat aku lega dan tidak merasa kecewa lagi karena “Aku memberi pada Tuhan”. Kita akan mudah terhindar dari rasa kecewa pada saat pemberian yang tulus dan tanpa pamrih kita berikan bagi orang yang menurut kita perlu mendapatkan pertolongan. Allah akan membalaskan setiap niat baik anda dan saya dalam melakukan perkara-perkara kebajikan. Semoga kebaikan hati anda dan saya diketahui banyak orang. Amin.



Mari kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat kita dengan menggunakan tombol "Tell A Friend" di bawah ini.