Tuesday, May 10, 2011

Keharusan Untuk Penginjilan dan Upah-Nya

Dorongan Pelayanan Perorangan (PP) pada hari Sabat, 7 Mei 2011 dibawakan oleh bapak Jamesson Silitonga, pemimpin departemen Pelayanan Perorangan jemaat Kemang Pratama.

Bapak Jamesson mengawali dorongan PP dengan membuka ayat dari Roma 10:13 yang berbunyi “Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.” Kemudian dilanjutkan dengan ayat 14-15: “Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepadaNya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakanNya? Dan bagimana mereka dapat memberitakanNya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: “Betapa indah kedatangan mereka yang membawa kabar baik!” Ayat ini dengan jelas menyatakan bahwa diperlukan orang-orang yang membawa injil-kabar baik agar orang-orang dapat berseru kepada nama Tuhan dan diselamatkan.

Sebagai satu jemaat, GMAHK jemaat Kemang Pratama (KP)kita bekerja untuk membawa injil kepada sesama kita manusia melalui pelayanan-pelayanan jangkauan keluar yang kita lakukan, salah satunya adalah melalui Kelompok Pendalaman Alkitab (KPA). Saat ini jemaat KP memiliki 6 KPA, yakni KPA Gereja, Vita Insani, Inkopol-Kranji, Pekayon, Vila Nusa Indah dan Kemang Pratama. Ada sekitar 20 orang yang sedang belajar mendalami Firman Tuhan.

Apakah kita berhenti sampai disini? Tidak kita harus tetap bekerja buat Tuhan, menginjil. Mengapa kita harus menginjil? Rasul Paulus berkata dalam 1 Kor 9:16,17: “Karena jika aku memberitakan injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan injil” Saudaraku, memberitakan injil adalah suatu keharusan bagi kita. Kita harus bekerja buat Tuhan, memuliakan nama Tuhan.

Apakah upahnya bila kita bekerja buat Tuhan? Rasul Petrus, pada saat menanyakan pada Yesus, apakah upahnya mengikut Yesus, Yesus mengatakan dalam Lukas 18:30 “akan menerima kembali lipat ganda pada masa ini juga, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal”. Saudaraku, bilamana kita mengikut Yesus, memuliakan namaNya maka bukan hanya berkat saat ini yang kita terima tetapi hidup yang kekal akan menjadi bagian kita
.
Maukah kita bekerja buat Yesus, memuliakan namaNya? Marilah kita membawa kabar baik ini dan biarlah kiranya Tuhan memberkati setiap pelayanan yang kita lakukan untuk kemuliaan namaNya.


-james-