Monday, June 04, 2012

Berlatih dan Berhasil


1 Tesalonika 4:1, “Akhirnya, saudara-saudara, kami minta dan nasihatkan kamu dalam Tuhan Yesus: Kamu telah mendengar dari kami bagaimana kamu harus hidup supaya berkenan kepada Allah. Hal itu memang telah kamu turuti, tetapi baiklah kamu melakukannya lebih bersungguh-sungguh lagi.”

“Hai Mami, apa kabar siang ini? Lagi di mana sayang?” Di setiap jam makan siang, saya selalu mengusahakan menelepon istri saya dan menanyakan pertanyaan di atas tiap kali istri saya menjawab telepon saya pertama kali. “Aku lagi di rumah Eyang”, jawab istri saya. Sudah hampir dua bulan ini saya selalu mendapatkan jawaban yang sama ketika pada jam-jam yang sama saya bertelepon kepada istri. Rupa-rupanya istri saya sedang belajar menjahit untuk mengisi waktu luangnya daripada bengong begitu saja di rumah. Ia belajar menjahit paling tidak tiga kali dalam seminggu, walaupun ia harus mengendarai kendaraan yang jaraknya lumayan jauh dari rumah kami menuju ke lokasi.

Hampir setiap kali saya tiba di rumah pada petang maupun malam hari, saya mendapati istri sedang sibuk dengan kain, benang dan beberapa alat jahit lainnya termasuk mesin jahit yang telah berusia sama dengan usia Ibu kami. Satu per satu, mulai dari bagian yang terkecil sampai yang terbesar dia lakukan dengan tekun dan sabar. Hasil ketekunan dan kesabarannya telah saya buktikan melalui keberhasilannya menjahit satu buah baju seragam yang akan digunakan oleh anak kami pada acara penamatannya kelak. Kini ia sedang melanjutkan menjahit jenis pakaian yang lain, namun saya perhatikan semuanya itu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sabar.   

Hal yang rumit sekalipun, jikalau disertai ketekunan dan kesabaran dalam mengerjakannya, pasti akan membawa hasil yang baik sama seperti istri saya yang tekun dan sabar untuk memulai pekerjaan yang rumit, detail serta harus teliti akhirnya menghasilkan sebuah karya yang baik dan bermanfaat.  Allah meminta kita bersungguh-sungguh, tekun dan sabar dalam memelihara iman kita, maka kesungguh-sungguhan, ketekunan dan kesabaran kita pasti akan membawa hasil yang baik dan bermanfaat bagi hidup kita kini, esok dan masa depan bahkan hidup dalam kekekalan bersama sang Juruselamat. Semoga Allah menolong kita setiap hari.

Mari Kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat Kita dengan menggunakan tombol “Tell A Friend” dibawah ini: