Thursday, August 04, 2016

Senyum itu baik


Amsal 15:13, “Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.”

"Pak lewat atas(jalan layang) atau bawah.?" Saya memberhentikan mobil angkot/mikrolet yang sedang lewat. "Bapak mau kemana?" Tanya supirnya. "Saya mau ke persimpangan jalan didepan lewat sedikit." "Naik aja pak. Saya mah tergantung penumpang, mau kemana aja saya antar." Demikian saya duduk sendiri didalam angkot yang sepi tak ada penumpang lain ditengah panas terik matahari siang itu dua hari yang lalu.


Tak berapa lama mobil berjalan, naiklah sepasang suami istri yang menuju ke bagian depan dan duduk tepat disamping supir. "Saya boleh naik di depan sini kan pak?" Pria itu bertanya kepada pak supir. "Tentu saja boleh" jawab sang supir. "Boleh kan pak saya duduk didepan sini?" Pria itu bertanya kembali ke supir sambil menunjukkan wajah serius. Sang supir pun berkata sambil tersenyum dan melihat kearah pria itu, "boleh". Pria itu senang dan tersenyum sambil berkata, "ini lewat mana pak?" "Lewat jalan sini" balas sang supir. "Tapi ini lewat jalan kan pak?" ia bertanya kembali sambil meyakinkan sang supir bahwa mikrolet itu lewat di jalan. "Ngga, terbang." Jawab supir, kali ini ia sambil tertawa. "Hahahaha...begitu dong pak, sambil senyum dan ketawa aja kita, ngga perlu stress" lanjut pria itu, sambil melirik kearah istri nya dan kebelakang tempat saya duduk, berusaha meyakinkan yang lain pertanda setuju dengan ungkapannya. "Setiap hari kita harus buat senyum, minimal bertemu dengan orang harus senyum dan senang. Hidup ini hanya sebentar, untuk apa saya ketemu orang tapi muka saya kelihatan marah, ngga ada gunanya. Bikin hidup ngga indah. Gitu kan pak?" Ia menambahkan. Pria ini bergurau dengan bapak supir kemudian terjadi perbincangan selanjutnya sambil saling tertawa terbahak-bahak.


Pria ini bisa mengajak orang lain disekitarnya dan membuat mereka senyum dan tertawa walau dalam keadaan yang sulit atau susah. Demikian halnya dengan kita, kita bisa membuat suasana indah dan sejuk jika hati kita diliputi oleh perasaan senang setiap saat. Mari kita membuat sebuah pengaruh kebaikan dengan cara yang sederhana, hanya dengan perkataan yang baik dan dengan hati yang senang dan senyuman yang indah membuat orang senang dan mengetahui siapa kita. Dan kitapun berarti didalam lingkungan sekitar. Bukankah hati yang gembira adalah obat yang manjur.? Tuhan kiranya memberkati kita.