Wednesday, July 06, 2016

JANGANLAH TAKUT KESUSAHAN

Wahyu 2 : 10
Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.

Malam itu pukul 20:30 saat hujan deras mengguyur ibu kota. Angin cukup kencang bertiup, beberapa kali terdengar suara petir menggelegar diikuti kilat memancar tajam. Saya dan anak2 tiba di rumah lebih awal dan sekarang sedang menunggu suami kembali dari pekerjaan. Kami sedang asyik menonton televisi saat hujan terdengar semakin deras. Angin semakin kencang bertiup, pintu teras yang semula terbuka kini tertutup dan kembali terbuka, suara petir semakin menggelegar, malam semakin larut.

Kami saling berpandangan. Tampak wajah ketakutan saat kami harus berpindah dari ruang menonton televisi ke kamar tidur. Wajah anak2 menunjukan kegelisahan saat menyadari ayah mereka belum juga kembali. "Jam berapa papa pulang, Ma?", demikian anak kami yg kedua mulai menunjukan kekhawatirannya. "Kita tunggu saja", demikian saya mencoba menenangkannya. Hujan semakin deras, kilat kian memancar, sinarnya bahkan terlihat menembus kegelapan. Suara angin semakin kencang, perlahan kami mendengar suara kreeeekk...kami tahu pohon di sebelah rumah kami tumbang. Anak pertama kami mulai ketakutan dan meneteskan air mata, "Semoga papa cepat pulang, siapa tahu nanti ada pohon yang tumbang dan menimpa rumah kita" demikian dia berucap. Spontan saya menimpali dengan kata-kata "Iya, mengerikan sekali hujan ini, mama jadi takut, apa yang harus kita lakukan sekarang? Pergi tidur atau kita harus menunggu papa pulang?". Anak saya yang terakhir yang masih berumur 7thn dengan tenang menjawab, "Jangan takut mama, Tuhan beserta kita, yuk kita berdoa".

Saat berada dalam kesusahan, menghadapi kesulitan hidup bahkan mungkin penderitaan, seringkali kita hanya berfokus kepada apa yang sedang terjadi. Larut dalam keadaan yang menyedihkan, kecemasan, kekhawatiran dan  ketakutan, bahkan menjadi sangat tertekan atas hal-hal tsb. Kita lupa bahwa kita memiliki Allah yang maha kuasa yang dapat memampukan kita melewati semua hal buruk yang menimpa hidup kita.

Dia yang penuh kasih, tidak akan meninggalkan kita saat kita membutuhkanNya. Dia tidak pernah jauh dari hidup kita. Dia akan selalu bersama kita dan menjadi pelindung dalam kesesakan dan kesusahan hidup yan kita alami. DOA menjadi jalan keluar yang terbaik.