Saturday, July 23, 2016

“MAKE IT FLY”


Yesaya 40:31”,  Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru; mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”


"Berikan bola-bola itu kepada saya" demikian pendeta mendekati ketiga pemuda yang baru saja mempraktekan melempar bola2 tersebut. Ketiga pemuda itu memberikan bola yang mereka pegang. "Saya akan menyusunnya", Pendeta mulai meletakkan bola basket di posisi paling bawah, kemudian diatasnya diletakan bola sepak, dan paling atas adalah bola tenis. "Apa yang akan terjadi pendeta?., salah satu pemuda bertanya. "Apakah sesuatu yang aneh akan terjadi?" pemuda lainnya bertanya sambil terus memperhatikan pendeta yang sementara menyusn bola2 tersebut. "Lihat apa yang terjadi", pendeta menjawab sambil menjatuhkan ketiga bola dari tangannya secara bersamaan. Hasilnya adalah bola Tenis yang berada diposisi paling atas melesat naik ke atas cukup tinggi, sampai 3 atau 4 kali tinggi pengkhotbah tersebut. Ketiga pemuda tersebut saling berpandangan dan tersenyum.

Ilustrasi khotbah dengan menggunakan Bola Basket, Bola Volley dan Bola Tenis ini adalah yang pertama kali saya lihat pada perbaktian minggu lalu. Pengkhotbah memanggil 3 orang untuk melempar masing-masing bola dan melihat seberapa tinggi pantulan bola tersebut. Pantulan masing-masing bola tidak melebihi tinggi dari orang yang melemparnya, walaupun sudah berusaha mengangkat tangan setinggi mungkin sebelum melepaskan bola-bola tersebut. Dan coba untuk diulang sampai 3 kali hasilnya tetap sama.

Khotbah ini diberikan kepada anak-anak remaja yang sedang mengikuti pelatihan kepramukaan gereja beserta para Pembina dan orang tua yang turut hadir.
Apa makna ilustrasi tersebut? Kita sebagai orang tua, Pembina dan tua-tua gereja harus menjadi mentor dalam membimbing orang muda orang muda sebagai calon pemimpin gereja masa depan mendapat ilmu dan ketrampilan yang menyanggupkan mereka bekerja dalam penginjilan dan gereja akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Bola Basket dan Bola Volley mengilustrasikan kita sebagai orangtua, Pembina dan tua-tua gereja dan Bola Tennis mengilustrasikan orang-orang muda yang butuh support dan dukungan dari kita semua.
Dicontohkan bahwa Seorang Mordekai yang menjadi mentor yang sangat baik dan menyanggupkan Esther mendapatkan keberhasilan menjadi Ratu dan dapat menyelamatkan bangsanya dari rencana pembunuhan yang telah dirancang oleh Haman.
Ilustrasi yang sederhana dan menarik kiranya dapat memberikan inspirasi kita dalam mendukung orang-orang muda mendapatkan keberhasilannya.
Tuhan memberkati.