Tuesday, January 27, 2009

Ayo Potluck Yuuk !!

“Kepada semua tamu-tamu yang hadir sabat ini, jangan langsung pulang setelah khotbah usai. Kami mengundang anda semua untuk potluck bersama dengan kami. Ibu-ibu telah mempersiapkan makanan untuk kita semua.” Demikian bunyi pengumuman yang senantiasa disampaikan setiap hari sabat kepada yang hadir di jemaat Kemang Pratama.
Potluck atau makan bersama memang penting. Setelah kita menikmati santapan rohani, maka jasmani kita pun meminta untuk diisi agar energi tubuh terisi lagi, kita jadi segar, dan siap untuk pelayanan lainnya di sisa hari sabat seperti melawat, kegiatan Pathfinder & Adventurer, PA hingga tutup Sabat. Untuk memenuhi pelayanan potluck ini, semua keluarga yang tergabung dalam beberapa kelompok-kelompok telah diatur untuk secara bergiliran menyediakan makanan setiap sabat. Dan giliran ini akan kembali lagi di kelompok yang sama satu bulan kemudian.

Tanggung jawab ibu-ibu dalam kelompok tidaklah ringan. Mereka mulai dengan mempersiapkan makanan di rumah masing-masing untuk memenuhi kebutuhan yang hadir. Setelah tiba di gereja, makanan itu disusun di atas meja di samping gereja. Menjelang khotbah usai, ibu-ibu kembali menata piring-piring dan sendok di atas meja. Setelah itu makanan itu akan dibagi-bagi ke atas dua meja, sehingga antrian saat makan siang akan lebih lancar dan teratur. Di samping itu, kadang-kadang apa yang telah dipersiapkan mungkin perlu di tambah. Kalau itu terjadi, tidak perlu khawatir. Rice cooker yang ada siap untuk dinyalakan untuk kebutuhan yang mendadak. Ibu-ibu selalu melayani dengan gembira dan sukacita, sehingga semua menjadi berkat. Luar biasa ibu-ibu di jemaat kita ! Puji Tuhan untuk semua talenta dan pelayanan yang dicurahkan setiap Sabat secara bergilir.