Sunday, January 11, 2009

Pendaftaran Kelas Kemajuan 2009

Pada hari Sabat 10 Januari 2009, Bapak Rizal Maringka dan Richard Pelaupessy, masing-masing sebagai Pemimpin Pathfinder dan Pemimpin Adventurer Kemang Pratama telah mengundang semua orang tua di jemaat Kemang Pratama untuk hadir dalam sesi pendaftaran anggota klub Pathfinder, Adventurer, dan Eager Beaver.


Dalam pembukaannya, Lianto Napitupulu menyampaikan tujuan dari sesi ini selain untuk membagikan formulir pendaftaran, adalah untuk menyampaikan beberapa informasi penting tentang beberapa pengaturan dan rencana kelas-kelas kepahaman yang akan dibuka. Setelah itu Richard Pelaupessy lebih lanjut menyampaikan beberapa pengaturan yang telah dibuat agar kelas-kelas berjalan lancar dan mencapai tujuannya.


Pada sesi tanya jawab, beberapa orang tua memberikan masukan kepada pimpinan dan pembina. Diantaranya adalah agar pimpinan dan pembina membuat Kalendar Aktifitas untuk tiap-tiap kelas, berikut rencana tenggang waktu tiap-tiap kelas akan ditamatkan. Dengan demikian orang tua akan bisa memantau dan memotivasi anak-anak untuk menyelesaikan tiap-tiap kelas pada waktunya. Richard menyampaikan bahwa mereka akan segera membuat Kalendar Aktifitas itu per kelas dan akan diberitahukan kemudian kepada semua orang tua. Lalu masukan lainnya adalah agar kelas-kelas kepahaman dibuat berdasarkan usia anak-anak. Saat ini yang mengikuti kelas-kelas beragam dari usia TK sampai SMA. Sehingga akan baik bila kelas kepahaman setidaknya dibagi jadi 2, untuk TK-SD dan untuk SMP-SMA. Sehingga diharapkan pendekatan yang berbeda akan dibuat berdasarkan segmentasi usia tersebut, dan diharapkan akan memudahkan anak-anak untuk menyerap ilmu pengetahuan yang mereka akan dapatkan nanti. Masukan ini pun telah dicatat oleh pemimpin dan pembina untuk penerapan di tahun ini.

Setelah itu ditampilkan rencana kelas-kelas kepahaman yang bisa diambil di sepanjang tahun 2009. Sangat beragam dan sangat menarik. Hampir setiap orang tua dilibatkan untuk memimpin kelas-kelas kepahaman berdasarkan kesanggupan mereka. Tercatat banyak kelas kepahaman yang baru dibuka antara lain : manajemen, perbankan, memelihara anjing, drama dan akting, elektronik/komputer/printing (tapi bukan Glodok atau Mangga Dua ya..haha..), geologi, dan banyak lagi. Sudah tentu tidak semua bisa dijalankan bersamaan. Tergantung kepada minat masing-masing murid nanti. Namun semuanya kelihatan menarik untuk diikuti. Kita doakan semua pemimpin, pembina dan orang tua yang akan mengajar nanti, agar semua berjalan dengan baik.


Di akhir sesi, dilakukan pemilihan POPA (Persatuan Orangtua Pathfinder dan Adventurer) Kemang Pratama. POPA ini adalah wadah komunikasi antara pembina dan orang tua agar program bisa berjalan dengan baik dan mencapai tujuan bersama yang dharapkan. Bapak Ramlan Sormin terpilih menjadi ketua POPA untuk tahun 2009. Kemudian Bapak Ramlan menyampaikan agar kita semua orang tua dan pembina bekerja bersama-sama untuk membina anak-anak kita dan membekali mereka dengan pengetahuan dan ketrampilan yang baik yang mempersiapkan mereka untuk menjadi tiang-tiang gereja dan pemimpin kristen di masa depan.

Acara ditutup pada pukul 15:00. Kita doakan pemimpin dan pembina Pathfinder, Adventurer dan Eager Beaver dalam melaksanakan tugas mereka di sepanjang 2009. Tuhan memberkati!