Thursday, January 08, 2009

Buka Tahun Baru 2009

Tanggal 31 Desember, 2008, jatuh pada hari Rabu. Hari terakhir di tahun 2008. Semua orang bergegas mempersiapkan diri untuk meninggalkan tahun lama, dan menanti-nantikan tahun yang baru. Tidak terkecuali juga jemaat Kemang Pratama.

Jam belum menunjukkan pukul 5:00 sore, beberapa keluarga nampak mulai memasuki halaman gereja. Nampak wajah yang penuh sukacita dan syukur terpancar dari tiap-tiap anggota jemaat yang memasuki gereja. Pukul 5:20, acara pun dimulai. Bapak Willy Wuisan, Bapak Munas Tambunan, dan Bapak Sontani Purnama memasuki mimbar mendampingi Pdt RY Hutauruk yang akan menyampaikan firman Tuhan. Dalam renungannya, Pendeta Hutauruk menyampaikan agar kita selalu mengingat akan pimpinan Tuhan di tahun 2008. Tahun 2008 bukanlah tahun yang mudah, namun Tuhan selalu menyertai kita. Tahun 2009 penuh dengan tantangan yang kita tidak tahu. Namun satu yang kita tahu pasti, yaitu Tuhan kita tetap setia mendampingi kita dan memberikan penyertaanNya. Mengakhiri renungan, pendeta mengajak kita untuk senantiasa percaya dan menaruh harapan kepada Tuhan kita.

Selesai renungan, bapak pendeta menutup dengan doa berkat tepat pada saat matahari tenggelam di ufuk barat. "Selamat Tahun Baru, Selamat Tahun Baru !" demikian yang terdengar pada saat doa selesai dilayangkan. Masing-masing nampak dengan wajah cerita menyampaikan salam kepada semua yang duduk di samping, depan dan belakang.

Bapak Munas Tambunan mengajak semua yang hadir untuk menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan melalui persembahan akhir tahun. Amplop warna-warni yang sudah dipersiapkan diisi oleh rasa syukur dan dibawa ke depan. Semua orang tua, pemuda, pemudi, dan tidak ketinggalan anak-anak juga datang ke depan dan menggantungkan amplop di sebuah pohon natal yang telah disiapkan. Selesai itu, nampak pohon sudah tertutupi oleh amplop warna-warni yang melambangkan syukur kepada Tuhan atas berkatNya di sepanjang tahun 2008.















Bapak Pendeta Hutauruk kemudian memanggil semua pegawai jemaat yang telah terpilih untuk melayani sepanjang tahun 2009. Lalu pendeta mendoakan semua pegawai jemaat agar diberkati dan dipimpin oleh Tuhan dalam pelayanan mereka. Semua hanya untuk kemuliaan bagi nama Tuhan.














Bapak Ramlan Sormin, Ibu Evelyn Sormin, Ibu Meiske Tampubolon, dan Ibu Lies Purnama kemudian memanggil keluarga pendeta dan orang tua-orang tua. Satu persatu mendapatkan bingkisan akhir tahun dari jemaat Kemang Pratama. Nampak semua memancarkan rasa bahagia. Setelah itu Pendeta RY Hutauruk melayangkan doa berkat kepada semua orang tua-orang tua yang ada di jemaat, agar Tuhan memberikan mereka senantiasa umur panjang, kesehatan dan kebahagiaan di masa tua mereka. Selesai doa dilayangkan, Bapak Sontani Purnama memanggil kedua kostur yang melayani di gereja, yaitu Ibu Sunaryo dan Daniel Kore. Kepada mereka Bapak Sontani memberikan bingkisan terima kasih dari gereja.

Natalia Tampubolon memimpin acara puji-pujian yang dibawakan oleh anak-anak, remaja dan pemuda-pemudi. Jessica Wuisan membawakan narasi jalannya cerita, Della Tambunan membawakan peragaan cerita dengan baik. Sementara Rerin Tampubolon, Dody Manurung, Fernando Tambunan dan Army Tampubolon mendukung di bagian saxophone, clarinet, piano dan flute. Lagu pujian yang merdu dan peragaan dilakukan dengan baik. Jemaat bangga dengan talenta yang dimiliki oleh anak-anak, remaja dan pemuda-pemudi Kemang Pratama.
Lagu-lagu dibagi atas 3 bagian : masa bahagia, kesulitan, dan harapan. Semua melukiskan perjalanan hidup manusia, ada saat bahagia, ada saat jatuh dan mengalami kesulitan. Namun Tuhan Yesus senantiasa memberikan harapan dan pimpinan kepada kita, agar kita bangkit lagi dan tetap memandang kepada Dia. Sungguh puji-pujian yang indah !




























Selesai acara, semua jemaat bergandeng tangan membentuk lingkaran besar dan mengucapkan "Selamat Tahun Baru...! Selamat Tahun Baru...! Tuhan memberkati ...!". Setelah itu Ibu Yunita Wuisan sebagai pimpinan Departemen Pelayanan Anak menyampaikan bingkisan kepada semua anak-anak mulai dari Beginner sampai Corner Stone. Semua mendapatkan sebuah alkitab! Cocok sekali dengan program "Follow the Bible" yang dicanangkan oleh General Conference sampai ke Konferens. Anak-anak diminta untuk mulai membaca alkitab setiap hari dan diharapkan bisa selesai pada akhir tahun nanti.





















Tepat pukul 7:15 malam, jemaat diundang untuk bersantap malam di samping gereja. Ibu-ibu dibawah pimpinan Ibu Ully Tambunan telah mempersiapkan hidangan lontong sayur dan kue-kue aneka jenis. Sementara itu Ibu Naomi Tobing memimpin acara tukar kado untuk anak-anak, remaja dan pemuda-pemudi di kelas-kelas. Semua nampak bahagia dan gembira menyambut tahun 2009. Tuhan memberkati tiap-tiap keluarga di jemaat Kemang Pratama dengan limpah ! Amin.