Monday, January 05, 2009

Upacara Penamatan Pathfinder dan Adventurer

Wajah berseri-seri terpancar dari anak-anak dan remaja yang memakai pakaian seragam dilengkapi topi, selempang dan atribut lainnya. Mereka siap-siap berbaris di luar gereja...saling berbisik dengan ceria, dan tidak sabar lagi menunggu dimulainya acara. Itulah hari yang ditunggu-tunggu oleh para Eagerbeaver, Adventurer dan Pathfinder jemaat Kemang Pratama. Sabat, 27 Desember 2008 adalah hari pelantikan mereka, setelah sepanjang tahun ditempa oleh berbagai pelajaran dan pelatihan, hari itu mereka siap untuk mengikuti upacara penamatan.














Barisan telah dibentuk secara teratur, dan di belakang mereka telah ikut berbaris juga para pembina yang selama ini telah memberikan bimbingan kepada mereka. Di baris paling depan, nampak Daniel Simanjuntak, Stefanus Purnama, Veber Sormin dengan gagah bersiap membawa bendera-bendera. Stefanus memegang bendera PA, Daniel dengan bendera Pathfinder, sedangkan Veber memandangi bendera Adventurer yang dipegangnya.














Acara dimulai pukul 4:00 sore. Dengan diiringi piano yang dimainkan oleh Fernando Tambunan, perlahan rombongan memasuki gereja. MG Alimanto Purba, mewakili Konferens DKI dan sekitarnya memimpin jalannya upacara. Dengan tertib secara berpasangan peserta mulai duduk di bangku2 yang telah disediakan. Berturut-turut lagu Indonesia Raya dinyanyikan dan doa buka dilayangkan.
Di awal acara Kak Alimanto Purba memimpin upacara penyalaan lilin yang melambangkan club Eager Beaver, Adventurer dan Pathfinder yang ada di jemaat Kemang Pratama. Lilin yang menyala merefleksikan semangat dari semua anak-anak dan remaja yang mengikuti klub-klub ini untuk terus belajar dan menjadi terang dimana mereka berada.

Setelah itu, sekelompok Pathfinder memperagakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Timotius Tambunan sebagai "korban kecelakaan" ditolong oleh Friska Hutauruk, Sari Silalahi dan Felisia Tambunan. Sementara Timoti Purnama, Melvin Simanjuntak, Daniel Simanjuntak, Stefanus Purnama tampak sibuk mempersiapkan tandu yang terdiri dari sepasang bambu dan untaian tali. Sementara kakak-kakak pembina seperti MG Richard Pelaupessy, MG Willy Wuisan, MG Ramlan Sormin, MG Munas Tambunan, MG David Tampubolon, MG Rony Kountur turut membawakan narasi yang menceritakan upaya yang tengah dilakukan oleh para penolong, sehingga yang hadir bisa mengikut perkembangan kerja mereka dengan seksama. Akhirnya, tandu telah siap, dan pertolongan telah diberikan, mereka dengan perlahan menaikkan "korban kecelakaan" ke atas tandu dan membawa ke tempat pertolongan selanjutnya. Para hadirin tampak senyum2 kagum mengamati kegesitan dan keseriusan kerja para Pathfinder yang telah mendapatkan pelatihan P3K pada perkemahan lalu dari calon dokter Niniek Simanjuntak dan pelatihan membuat tandu dari kakak-kakak pembina.

Setelah peragaan selesai, lagu spesial berupa medley berturut-turut "Srahkanlah Pada Yesus", "Gembira di Dalam Yesus" dan "In Moments Like These" dibawakan oleh Pathfinder dan Adventurer dengan merdu. Kak Natalia Tampubolon telah melatih mereka dengan baik, didampingi Kak Agustinus Silalahi pada piano dan Kak Ramlan Sormin pada gitar. Lagu "Maju Tentra Yesus" kemudian dinyanyikan dengan gagah dan merdu oleh para Pathfinder.

Pengucapan Janji Eager Beaver, Adventurer, dan Pathfinder, berturut2 dipimpin oleh Dave Purnama, Cloudya Siboro dan Raisa Maringka. Masing-masing Eager Beaver, Adventurer dan Pathfinder dengan sigap dan semangat mengikuti janji tersebut.

Kak Alimanto Purba membawakan amanat penamatan. Beliau mengingatkan kepada para tamatan untuk terus bersemangat dan giat di dalam belajar dan berlatih di dalam tiap2 kelas karena itu akan mempersiapkan mereka menjadi pemimpin kristen di masa depan.
Setelah itu, tiap2 peserta tamatan dipanggil satu-persatu untuk disematkan kancing tanda tamat. Kakak-kakak pembina maju beserta MG Alimanto Purba, MG Chandra Perangin2 sebagai Pemimpin Pathfinder & Adventurer Kemang Pratama, menyematkan kancing-kancing dan kacu yang baru kepada yang berhak menerimanya.














Tidak terasa acara berjalan hingga tutup sabat. Semua bergembira karena telah menyelesaikan aktifitas sepanjang tahun dengan tekun dan memperoleh hasil yang baik. Selamat kepada Eager Beaver, Adventurer dan Pathfinder Kemang Pratama. Maju Terus ! Semoga kalian menjadi Pemimpin Kristen yang baik di masa depan. Tuhan memberkati kalian semua !