Friday, May 25, 2012

“DIA SANGGUP KATAKAN”

  KKR CELEBRATION “HE IS ABLE”
GMAHK JEMAAT KEMANG PRATAMA, BEKASI
KAMIS, 24 MEI 2012

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Kemang Pratama, Bekasi mengadakan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Celebration pada 24-26 Mei 2012.
Pada malam pertama, KKR dengan tema “He is able/Dia Sanggup” telah berjalan dengan lancar, diawali dengan pelayanan lagu-lagu dan pujian oleh Fidella Tambunan dengan iringan music Kimberly Simanjuntak dan Felicia Tambunan. Bapak Mulana Simanjuntak, sebagai pemimpin acara menyambut jemaat dan tamu yang pada malam itu berjumlah > 50 orang, sementara di ruang sebelah gereja, anak-anak dengan dikoordinir ibu Siti Mei Kapitan bersekutu melalui program Acara Pengembangan Tabiat Anak (APTA), ada sekitar 20 orang yang hadir pada acara APTA ini.
Setelah lagu dan doa buka oleh bapak Munas Tambunan, kemudian ibu Lince Manurung melantunkan lagu “Brilah Padaku Alkitab yang Suci” dan dilanjutkan dengan seminar kesehatan yang dibawakan oleh sdr. Darell Wuisan dengan judul “Berapakah Umur Anda?”
Dalam pembahasannya, sdr. Darell menyampaikan bahwa tidak sulit untuk menjawab pertanyaan “Berapakah umur Anda?”. Tapi pada dasarnya ada 3 jenis umur manusia, yakni:
1.        Umur Kronologis, yaitu umur sesuai dengan hari lahir
2.        Umur Biologis, yaitu umur sesuai dengan kondisi tubuh/fisik kita yang dapat diukur dengan alat pengukur
3.        Umur Psikologis, yaitu umur yang ada di pikiran seseorang, ditentukan oleh masing-masing orang
Dari antara ketiga jenis umur tersebut di atas sdr. Darell menyampaikan bahwa umur psikologis merupakan hal yang penting dicermati, karena pikiran berperan besar menentukan kondisi kita yang sebenarnya. Di beri contoh, bahwa bisa saja seseorang yang berumur 19 tahun, bergaul dengan orang-orang yang lebih tua umurnya, dia bisa berperilaku lebih “dewasa” daripada usianya, atau bisa tampak lebih tua daripada usianya, atau sebaliknya bisa saja orang yang berusia 70 tahun, tapi dia bergaul dengan orang-orang yang lebih muda, dia merasa bahwa dia masih muda, dia menikmati hidupnya dan berpikir bahwa dia kuat. “Saya senang melihat orang-orang tua yang sudah berusia 70 tahun ke atas, tapi masih kuat, masih bisa olah raga, bahkan angkat beban” demikian kata sdr. Darell.
Sdr. Darell menyatakan bahwa kita perlu mengisi hari kita dengan senang, senyuman, memeluk orang yang kita kasihi. Alkitab menegaskan pentingnya bergembira, di dalam Amsal 17:22 “Hati yang gembira adalah obat yang manjur…”  “Mari kita mengisi hidup kita dengan gembira, senyuman” demikian pesan yang disampaikan oleh sdr. Darell.
Setelah seminar kesehatan, bapak Ramlan Sormin dan ibu Evelyn menaikkan lagu pujian “Remind me dear Lord” yang menyatakan  bahwa semua yang ada di dalam hidup kita hanyalah pinjaman, kita terkadang lupa. Kita hanyalah manusia, yang lemah dan pelupa, tolong Tuhan ingatkan aku, demikian pesan lagu yang disampaikan.
Setelah itu lagu tema “He is able/Dia Sanggup” dinyanyikan dan Firman Tuhan pun disampaikan oleh Pdt. Sonny Kapitan, M.Fil dengan judul “Dia Sanggup Katakan”. Pdt. Sonny Kapitan mengawali tentang manfaat dari Firman Tuhan dalam 1 Tim 3:16,17 “…mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan, mendidik orang dalam kebenaran” Kemudian dilanjutkan dengan menyatakan bahwa Alkitab adalah merupakan ilham dari Roh Kudus (2 Pet 1:21). Kemudian melanjutkan dengan bagaimana Tuhan berfirman menjadikan manusia laki-laki dan perempuan  (Kej 1:26,27), kita adalah makhluk ciptaan menurut gambar dan rupa Allah. Firman Allah itu benar, hal ini disampaikan bagaimana nubuatan tentang 4 kerajaan dalam Daniel 2:7,8 dan kerajaan setelahnya digenapi…. Allah mempunyai rancangan damai sejahtera bagi kita, Ia mau memberikan hari depan yang penuh harapan.
Pdt. Sonny Kapitan menyampaikan ada 5 syarat masuk sorga:
1.        Mengasihi Yesus dengan menuruti segala perintahNya (Yoh 14:15)
2.        Tidak menambahkan dan mengurangkan Kitab Allah (Wah 22:18,19)
3.        Dilahirkan dari air dan Roh (Yoh 3:5)
4.        Miliki Sabat hari yang ketujuh (Kej 2:1-3; Luk 4:16, Kis 13:14)
5.        Mengenakan tabiat Kristus (Gal 3:26, 27)
Pdt. Sonny menyampaikan, “Yesus berkata dalam Lukas 11:28 Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya  dan Yakobus 1:25 … jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya”
Pada akhir dari Firman yang disampaikan Pdt. Sonny mengajak hadirin untuk sungguh-sungguh melakukan apa yang telah didengar sehingga mendapatkan kebahagiaan, hidup kekal selama-lamanya. 
Para hadirin dengan antusias mengikuti kebaktian dan terlibat dalam membacakan Firman Allah, hingga akhir khotbah semua yang hadir berkonsentrasi mendengarkan Firman Allah yang disampaikan oleh hambaNya, Pdt. Sonny Kapitan. Pendeta Sonny kemudian menutup Firman Allah dengan doa.
Setelah itu, bapak Mulana Simanjuntak mengajak hadirin untuk datang besok, hari Jumat malam dan agar setelah bersalaman dapat beramah-tamah untuk menikmati konsumsi yang telah dipersiapkan oleh Pathfinder Kemang Pratama di ruang sebelah gereja. 
Hadirin keluar dengan teratur sambil bersalaman dengan pembicara dan kemudian menikmati hidangan yang telah dipersiapkan. Terima Kasih, Sampai Jumpa Malam berikutnya. Tuhan Memberkati.

Jamesson Silitonga
Dept PP Kemang Pratama.