Wednesday, May 30, 2012

“Dia Sanggup Ubahkan”


KKR CELEBRATION “HE IS ABLE”
GEREJA MASEHI ADVENT HARI KETUJUH
JEMAAT KEMANG PRATAMA BEKASI
Jumat, 25 Mei 2012

Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Kemang Pratama, Bekasi mengadakan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Celebration pada tanggal 24-26 Mei 2012. Pada malam kedua, KKR, Jumat 25 Mei 2012 dengan tema “He is able/Dia Sanggup” telah berjalan dengan lancar, diawali dengan pelayanan lagu-lagu dan pujian oleh Fidella Tambunan dengan iringan music Felicia Tambunan. Bapak David Tampubolon, sebagai pemimpin acara menyambut jemaat dan tamu yang pada malam itu berjumlah lebih dari 60 orang, sementara di ruang kelas anak yang berada di sebelah gereja, anak-anak dengan dikoordinir ibu Siti Mei Kapitan bersekutu melalui program Acara Pengembangan Tabiat Anak (APTA). Pada malam itu ada sekitar lebih dari 30 orang yang hadir pada acara APTA ini. Acara APTA diisi dengan pelajaran kesehatan, cerita rohani, kerajinan tangan dan bernyanyi bersama yang sangat menarik.
Setelah lagu “Ya Yesus aku rindu jadi suci” dan doa buka dilayangkan oleh bapak Sontani Purnama, kemudian Voice of Kemang Pratama Adventist Youth (VOKAY) melantunkan lagu “Jesus will still be there” dan dilanjutkan dengan seminar kesehatan yang dibawakan oleh sdr. Rerin Tampubolon dengan judul “Hidup Sehat”
Dalam pembahasannya, sdr. Rerin menyampaikan bahwa kita perlu menjaga kebersihan, lingkungan yang sehat dan tubuh yang sehat. Kebersihan dapat dijaga dengan mencuci tangan sebelum makan. Lingkungan yang sehat dapat dijaga dengan menjaga kebersihan lingkungan dari kotoran, nyamuk, genangan air. Dalam rumah perlu dijaga sanitasi, sistem pembuangan limbah, kebersihan rumah, kamar, kamar mandi. Tubuh yang sehat bisa dijaga dengan memakan makanan yang sehat dan meminum-minuman yang bersih, serta berolahraga dengan teratur. Hindari rokok dan minuman beralkohol/minuman keras.
Sdr. Rerin menyampaikan bahwa hidup yang sehat juga dapat diperoleh dengan hati yang gembira, seperti disampaikan dalam buku Amsal 17:22 “Hati yang gembira adalah obat yang manjur…”  “Mari kita memelihara gaya hidup yang sehat, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, menjaga kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi makakan yang sehat” demikian pesan yang disampaikan oleh sdr. Rerin. Setelah seminar kesehatan, anak-anak dari Acara Pengembangan Tabiat Anak (APTA) dengan mengenakan jubah, mahkota  menaikkan lagu pujian berjudul “Di Rumah Bapa” dengan lyric “Ku akan pakai mahkota emas, jubah yang putih, Ku akan bermain kecapi emas”. Mereka juga menyampaikan ayat-ayat emas secara bergiliran.
Setelah itu lagu tema “He is able/Dia Sanggup” dinyanyikan dan Firman Tuhan pun disampaikan oleh Pdt. Sonny Kapitan, M.Fil dengan judul “Dia Sanggup Ubahkan”. Pdt. Sonny Kapitan Pdt. Sonny Kapitan menyampaikan bahwa disaat Allah datang pada kali yang kedua, maka orang benar yang hidup di dalam Tuhan akan diubahkan, beliau juga menyampaikan bahwa bila ingin selamat, ada 5 syarat yang perlu diperhatikan untuk masuk sorga:
1.        Mengasihi Yesus dengan menuruti segala perintahNya (Yoh 14:15)
2.        Tidak menambahkan dan mengurangkan isi Kitab Allah (Wah 22:18,19)
3.        Dilahirkan dari air dan Roh (Yoh 3:5)
4.        Miliki Sabat hari yang ketujuh (Kej 2:1-3; Luk 4:16, Kis 13:14)
5.        Mengenakan tabiat Kristus (Gal 3:26, 27)
Pdt. Sonny mengajak hadirin yang sudah menerima Yesus untuk memperbaharui janjinya kepada Allah dan bagi yang belum menerima Yesus akan menerimaNya dan menyatakannya melalui baptisan air dengan diselamkan. Pdt. Sonny juga menyampaikan bagaimana Sida-sida dari Etiopia, setelah belajar Firman Allah dan melihat air, Ia segera meminta agar dirinya di baptis. Kemudian Pdt .Sonny juga menyampaikan, bahwa Rasul Paulus juga membaptis 12 orang yang telah menerima baptisan Yohanes, dengan membaptis mereka kembali dalam nama Yesus Kristus.
Kemudian Pdt .Sonny memanggil dan mengundang hadirin yang mau menerima Yesus agar datang ke depan, dan puji Tuhan ada 7 orang yang maju, mau menerima Yesus sebagai Juruselamat pribadinya.
Pdt. Sonny menyampaikan, “Yesus berkata dalam Lukas 11:28 Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya  dan Yakobus 1:25 … jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya”
Pada akhir dari Firman yang disampaikan Pdt. Sonny mengajak hadirin untuk sungguh-sungguh melakukan apa yang telah didengar sehingga mendapatkan kebahagiaan, hidup kekal selama-lamanya. Para hadirin dengan antusias mengikuti kebaktian dan terlibat dalam membacakan Firman Allah, hingga akhir khotbah semua yang hadir berkonsentrasi mendengarkan Firman Allah yang disampaikan oleh hambaNya, Pdt. Sonny Kapitan. Pendeta Sonny kemudian menutup Firman Allah dengan doa.
Setelah itu, bapak David Tampubolon mengajak hadirin untuk datang besok, hari Sabat pagi dan agar setelah bersalaman dapat beramah-tamah untuk menikmati konsumsi yang telah dipersiapkan oleh Pathfinder Kemang Pratama di ruang sebelah gereja. Hadirin keluar dengan teratur sambil bersalaman dengan pembicara dan kemudian menikmati hidangan yang telah dipersiapkan.

-Jamesson Silitonga-
 Dept PP Kemang Pratama.