Friday, May 04, 2012

Ragu-Ragu

1 Korintus 13:12 bagian akhir, “Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal.”

“Pagi San, seingat aku kamu ulang tahunnya hari ini, betul? Karna aku ingat sehari setelah itu adalah ulang tahunnya kakakku.” Aku menanyakan hal ini melalui BBM kepada salah seorang teman yang menurut ingatan saya ia merayakan ulang tahun setiap tanggal 3 Mei. “Iya bener, makasih banyak Rico”, konfirmasinya kepadaku. Saya mengenalnya sejak 12 tahun yang lalu, ketika saya mendapatkan kesempatan bekerja bersama-sama dengannya di salah satu perusahaan asing yang bergerak di bidang industri manufaktur di Jakarta.

Sesungguhnya saya cukup bersahabat dengannya selama kami bekerja bersama-sama, bahkan cukup banyak mengetahui keadaannya dan keluarganya termasuk kedua orangtuanya. Namun seiring waktu berlalu, kami pun hingga kini bekerja di tempat yang terpisah, akhirnya kami hanya berkomunikasi lewat telepon tanpa pernah bertatap muka. Rupanya dari yang biasanya ketemu setiap hari dan kini hanya lewat pesawat telepon saja dapat membuat ingatan saya terhadap tanggal ulang tahunnya semakin pudar. Awalnya saya ragu dan malu untuk menanyakan hal itu kepadanya, namun jauh lebih baik saya lakukan hal itu daripada tidak sama sekali, pikirku dalam hati. Inilah bukti penghargaan persahabatan saya kepadanya selama ini.

Kami pun berbincang tentang banyak hal melalui BBM pada pagi itu, termasuk membicarakan keadaan orangtuanya khususnya Papanya yang usianya tujuh tahun lebih tua dari orangtua saya, yang sedang sakit saat itu. Saya pun berbagi cerita tentang keadaan orangtua kami yang hampir mirip dengan ceritanya. Roti pagi hari ini mengingatkan kita, bahwa perlu kedekatan kita setiap hari dengan Allah untuk kita tetap berada dalam lingkaran kasih-Nya. Menjauhkan diri secara perlahan-lahan dari-Nya, akan membuat kita pun melupakan-Nya akhirnya sama seperti keadaan saya yang tidak pernah mengenal lebih dekat lagi kepada sahabat yang dulu saya kenal sangat dekat, melupakan beberapa hal penting dan bersejarah baginya. Mari kita tetap giat dalam pengenalan akan Allah melalui doa dan membaca firman-Nya, kelak kita akan tiba di surga, tinggal bersama-Nya dan mengenal-Nya dengan sempurna dan bertatap muka langsung. Kiranya kita memiliki kerinduan yang sama.

Mari Kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat Kita dengan menggunakan tombol “Tell A Friend” dibawah ini: