Thursday, May 31, 2012

“Dia Sanggup Selamatkan – Sorga Tujuanku “


Kebaktian Kebangunan Rohani Celebration
Tema : “He’s Able”
GMAHK Kemang Pratama, Oleh : Pdt. Sonny Kapitan M. Fil
Sabat, 26 Mei 2012

Sebelum kebaktian khotbah diawali dengan Promosi sekolah Advent Anggrek yang dipimpin oleh bapak Norman Tetelepta dan dilanjutkan dengan penyerahan anak dari keluarga bapak Michael Raintung  yaitu bayi  Rachel dan doa penyerahan anak oleh gembala jemaat dan didukung  para ketua yang hadir yaitu, bapak Munas Tambunan, bapak David Tampubolon, dan bapak Mulana Simanjuntak. 
Selanjutnya acara dilanjutkan dengan baptisan kudus  oleh Gembala jemaat yang dikoordinir oleh para ketua jemaat, pemimpin diakon dan diakones terhadap lima jiwa hasil KKR Celebration yaitu,  saudara Joel Xavier Barnabas,  Abraham Nubatonis, saudari Maria, ibu Elisabeth Nubatonis, dan bapak Dominggus Nubatonis.

Perbaktian pada jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh bapak Jamesson Silitonga  dan diiringi musik oleh  Felicia Tambunan. Dan  bacaan Alkitab bersahutan dipimpin oleh bapak Munas Tambunan  dan dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan khotbah dari lagu AYS  nomor 57 “ He’s Able “. Selanjutnya  doa syafaat dipimpin oleh Pdt. H.M Siagian. 

Bacaan persembahan dibawakan oleh bapak Mulana Simanjuntak dan dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemberian persembahan oleh diakon diiringi oleh Angklung Anak Primary dan Kindergarten dengan judul “  God Is So Good “. Selanjutnya diadakan penerimaan lima jiwa yang baru bergabung melalui penyerahan surat baptisan, sebuah Alkitab dan sebuah lagu Sion. Sebelum ayat inti dibacakan, dua lagu pujian berturut – turut dinyanyikan  oleh VG.  “ VOKAY ” dan “ Angklung BWA ” .

Judul  Khotbah : “Dia Sanggup Selamatkan – Sorga Tujuanku “
Sabda Allah melalui Firman Tuhan oleh Gembala jemaat Pdt. Sonny Kapitan yang mengambil ayat inti dari Yohannes 3:5, ‘ jawab Yesus, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan oleh air dan Roh, ia tidak dapat masuk kedalam Kerajaan Allah’. 
Dimana Firman Tuhan  Sabat ini menekankan akan jaminan keselamatan yang telah diberikan oleh Allah kepada setiap orang yang telah dilahirkan oleh air dan Roh dan yang hidup benar dihadapan Allah. Karena  keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Allah, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya manusia dapat diselamatkan’. Dan bagi setiap orang yang membaca dan menuruti perintah 
Allah akan mendapatkan jaminan kebahagiaan dan keselamatan,  sebab kedatangan Allah sudahlah dekat. Setiap pengikut Kristus haruslah benar-benar menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja. 
Dengan sungguh-sungguh melakukannya, maka setiap orang  akan dapat berbahagia oleh perbuatannya. “He is  Able”, Allah  sanggup  Katakan, Allah sanggup Ubahkan, dan Allah sanggup Selamatkan. 
 Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, maka setiap umat Tuhan haruslah mengenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. 
Dan sebuah kutipan dari buku Peristiwa-peristiwa Akhir  Zaman Ellen G White hlm 126, ” belajar meniru Kristus dalam kelemahlembutan, tidak menunjukkan kerajinannya dalam berbuat baik, giat bersemangat  tetapi mereka sombong, mereka belum pernah belajar kerendahan hati, Sedangkan yang lain membiarkan Kristus diluar pekerjaan mereka   senang   dengan  pekerjaan mereka. 
Menunjukkan simpati pada sesama mereka, tetapi hati mereka tidak dipusatkan pada Juruselamat dan mereka belum belajar bahasa Sorga. Mereka tidak berDoa sebagaimana Yesus berDoa…Ada yang tahu sedikit  tentang kuasa kasih karunia yang mengubahkan menjadi Suka mementingkan diri, suka mengeritik, kasar. Ada yang seperti plastik dan pasrah, cenderung kesana kemari menyenangkan sesama. Betapa bersemangatpun membela kebenaran, jika kehidupan setiap hari tidak menunjukan kuasa yang menyucikan,kata-kata diucapkan tidak akan gunanya,tetap mengeraskan hati, menyempitkan pikiran, menaruh batu sentuhan di jalannya…”. 
Himbauan, marilah menjadi umat Allah yang setia sampai kedatangan Yesus yang kedua kali. 
1 Petrus  1:9
“Karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.”

Untuk meng-aminkan Firman Tuhan yang baru disampaikan maka lagu penutup disampaikan oleh koor dari sekolah Advent Anggrek dan diakhiri dengan doa berkat oleh Pdt. Sonny Kapitan. 
Selesai acara perbaktian, jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potlak bersama dan mengikuti acara-acara yang telah diumumkan.


-Mei-