Wednesday, July 20, 2011

KEINGINAN TANPA DOA

Yakobus 4:2, “Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.”


“Halo Pak, dimana posisi? Sudah pulang atau masih di kantor?” Saya terlibat dalam sebuah percakapan dengan teman kantor di perusahaan lama, pada sore hari setelah jam kantor lewat sementara saya dalam perjalanan pulang ke rumah. “Gimana posisi penjualan perusahaan di bulan ini, apa mengalami kenaikan seperti yang diperkirakan dalam pembuatan anggaran perusahaan?” Kembali pertanyaan bertubi-tubi saya tanyakan kepadanya, sebab teman saya ini adalah salah seorang “key person” di perusahaan tempat ia bekerja saat ini. “Wah, apaan Pak yang naik. Penjualan masih belum ada peningkatan, kalau biaya yang semakin meningkat iya”, ujarnya sambil mengeluhkan banyak hal kejadian yang pada dasarnya ia tidak setujui.

“Aku mau dong Pak, kalau ada posisi kosong di perusahaan bapak. Aku sudah makin gak betah aja di sini sekarang. Setiap hari sudah nggak semangat mau kerja, karena kondisi perusahaan bukannya membaik malah memburuk, baik dari segi penjualan, peningkatan biaya apalagi arus kas yang defisit tiap bulannya”, ia pun menceritakan segalanya dengan terperinci. “Saya pengennya pindah kerja setelah dapat THR”, lebih lanjut ia mengungkapkan keinginan hatinya. Saya balik bertanya kepadanya, “Apa bapak sudah kirimkan biodata ke beberapa perusahaan jasa rekruitmen yang saya rekomendasikan, atau udah kirim lamaran ke mana aja?” “Iya sih Pak, aku belum kirim lamaran ke semua rekomendasi yang bapak infoin ke aku, bahkan ke beberapa info yang lain dari temen juga belum saya kirim sih. Nanti aku kirim deh Pak.”

Betapa kita sering melakukan hal yang sama seperti teman saya. Menginginkan hal-hal yang baik, berkat yang lebih besar namun tanpa usaha. Mustahil kita mendapatkan apa yang kita inginkan tanpa usaha dan ironisnya tanpa doa. Kita harus bermitra dengan Allah dalam setiap rangkaian hidup kita jikalau ingin berhasil, sebab tiada keberhasilan kita peroleh tanpa campur tangan Allah dan segala sesuatu yang kita ukur sebagai keberhasilan namun di luar campur tangan Allah, sesungguhnya itu adalah keberhasilan semu. Selamat bekerja dan bermitra dengan Allah hari ini. Amin.

Mari Kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat Kita dengan menggunakan tombol “Tell A Friend” di bawah ini ;