Sunday, October 23, 2011

“ Ingatlah dan Kuduskanlah Hari Sabat ” Keluaran 20 : 8

Kebaktian Vesper 21 Oktober 2011

Ibadah Vesper GMAHK Kemang Pratama dimulai tepat pukul 19.30. Sebelum memulai acara jemaat berdoa didalam hati untuk mengundang kehadiran Roh Suci. Untuk memulaikan acara jemaat menyanyikan lagu sion nomor 242 “ Sabat Hari Perhentian “ yang dipimpin oleh saudara Robert Rihihina dan dilajuntkan dengan doa oleh ibu Adeline. Sebelum mendengarkan firman Tuhan, Kaum Pria menyanyikan lagu “ Yesus Sahabat Terindah “.

Firman Tuhan pada malam vesper dibawakan oleh bapak Dharlen Simanjuntak dengan judul “ Hari Ke-Enam “ dimana mengingatkan tentang pentingnya hari ke-enam atau hari persiapan Sabat dan bagaimana kita menyambut hari Sabat. Hal persiapan Sabat adalah penting diri dalam menyongsong hari Sabat. Mengapa kita perlu persiapan ?... oleh karena kita akan mempersiapkan hati dan pikiran kita untuk menerima berkat-berkat Sabat-nya. Beberapa tanggapan malam ini tentang persiapan hari Sabat diberikan oleh ibu Ani Simanjutak, bapak Willy Wuisan dan beberapa jemaat yang lainnya, tentang pengalaman di dalam melakukan persiapan hari Sabat dimana ‘ …dulu hari persiapan itu benar-benar dilakukan dengan disiplin yang baik namun berbeda dengan sekarang dimana oleh karena kondisi dan situasi maka lebih banyak kompromi terhadap hari Sabat’. Namun himbauan pada malam ini adalah tiga hal yang perlu untuk diperhatikan yaitu, hari Sabat adalah milik Allah yang merupakan hari kesukaan, memikirkan hari Sabat sehingga akan merindukan hari Sabat, kita memberikan hari Sabat itu hanya untuk Allah. Dengan persiapan yang memadai maka setiap umat-umat Allah akan menyucikan Sabat dan mendapatkan sukacita berkat Sabat.

Untuk menutup ibadah vesper Jemaat menyanyikan pujian penutup dan dilanjutkan dengan doa penutup oleh bapak Dharlen Simanjuntak. Selesai acara vesper jemaat membentuk lingkaran di halaman gereja dan mengucapkan selamat Sabat dan yel-yel Sabat. Kiranya menjadi berkat dan sampai berjumpa Sabat pagi…

-Mei-