Thursday, December 29, 2011

"Missionaris Terbesar Di Dunia"

Sabat, 24 Desember 2011

Sabat ini merupakan Sabat Istimewa bagi seluruh ibu, dalam rangka memperingati hari ibu. Setiap ibu-pun sangat berbahagia atas perhatian yang diberikan oleh Para Suami dan anak-anak…

Kebaktian khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh ibu Ani Simanjuntak. Bacaan ayat bersahutan dibacakan oleh Ramlan Sormin dan Jemaat, dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan lagu Sion nomor 28 “Hati Yesus Penuh.” Doa syafaat disampaikan oleh bapak Sontani Purnama. Bacaan persembahan dibawakan oleh saudara Robert Rihihina yang dilanjutkan dengan pemungutan persembahan oleh diakon dan ditutup dengan doa. Kemudian sebuah lagu pujian disampaikan oleh BWA Kemang Pratama dengan judul “Ajarilah Kami.”

Judul Khotbah : “Missionaris Terbesar Di Dunia

Pengkhotbah adalah Pemimpin Rumah Tangga : Bapak Viertin Tobing


Allah Bersabda sabat ini melalui Firman Tuhan dengan ayat inti yang diambil dari 3 Yohannes 1 : 4, yang berbunyi “Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar daripada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.”


Sebuah selingan berupa puisi dan juga lagu dibawakan oleh Vita, Ivana, Kanya yang diiringi dengan musik …

Firman Tuhan pada sabat ini mengingatkan akan pentingnya tugas seorang ibu didalam perkembangan kerohanian keluarganya. Melalui buku Amsal, Firman Tuhan memberikan nasihat berupa karakteristik yang perlu untuk dimiliki oleh seorang wanita khususnya seorang ibu dalam membina keluarganya. Iman seorang ibu dapat memberikan kebaikan kepada keluarganya seperti iman isteri Nuh yang rela menginvestasikan waktu, tenaga dan juga hartanya didalam memelihara dan mendidik anak-anaknya, iman Abigail yang adalah merupakan istri yang bijaksana, iman Yokhebet yang percaya penuh kepada Allah bahkan memberikan kasih sayangnya yang tulus kepada Musa, juga iman wanita-wanita lainnya yang ada di dalam Alkitab yang senantiasa menguatkan orang lain untuk percaya kepada Allah.

Selanjutnya ibu-ibu yang hadir diberikan penghargaan berupa penyematan bros yang cantik oleh suami atau anak-anak mereka.


Himbauan, sebuah kutipan dari Rumah Tangga Advent Hal. 231 berbunyi, “Ibu itulah wakil Allah untuk mengkristenkan seluruh keluarganya…seorang ibu adalah seorang diantara missionaris yang terbesar di dalam dunia.” Marilah kita menjadi ibu yang adalah missionaris Allah bagi keluarga dan juga orang lain.


Untuk menutup Firman Tuhan Jemaat menyanyikan lagu penutup Lagu Sion nomor 256 “Doa Ibu” dan dilanjutkan dengan doa berkat oleh Gembala Jemaat Pdt. Sonny Kapitan.


Selanjutnya jemaat dan juga para tamu yang hadir diundang untuk mengikuti potluck bersama. Untuk anggota Jemaat diundang Konferensi Jemaat yang akan diadakan sehabis Potluck dan selanjutnya jam 15.00 akan diadakan acara PAG Wilayah IV di GMAHK Kemang Pratama.


-Mei-