Thursday, December 22, 2011

Untukmu, Wanita Yang Istimewa




Amsal 31:29 “Banyak wanita telah berbuat baik, tetapi kau melebihi mereka semua.”








Karena cuaca yang tidak beraturan, ditingkahi dengan angin keras, panas terik, awan hitam dan akhirnya hujan deras, membuat saya terkena juga air hujan.   Padahal saya  sudah memakai payung untuk melindungi kepala .  “Kepala mama kayaknya pusing nih, kak…,” kata saya kepada si sulung,  “Pasti karena kena hujan kemarin mama jadi masuk angin.  Kita panggil mbok tukang urut aja ma, supaya badan mama enak lagi,” usul si sulung sambil memijat kening saya.  “Boleh deh, coba kakak tolong teleponin ya…,” jawab saya pelan setuju dengan usulnya.  Ketika tiba di rumah, wajah si mbok terlihat tidak ceria seperti biasanya.  “Kok kalem banget bu…?” ujar saya menggoda.   “Lah, kita lagi susah neng…,” jawabnya dengan dialek betawi.  “Tumben, emang kenape bu?” saya ikut  berlogat betawi-an. “Anak-anak sekarang susah ya.  Dari kecil diurus, sampe sudah pada berumah tangga. Ehh… dimintain tolong  ngebayarin listrik aja, pada kagak mau!  Padahal duitnya, duit kite…,”  terlihat wajahnya berduka.

 “Lagi pada sibuk kerja kali bu… atau mereka kira masih panjang harinya, jadi ditunda dulu…, “ saya mencoba menenteramkan hatinya.  “Ibu kan sudah tua, jadi kalau naik angkot sudah keder.   Jadi kagak berani lagi ngebayar listrik sendiri.  Punya anak ada enam, tapi kagak ada yang  mau nolongin…,” suaranya mulai terasa bergetar.  “Gini bu caranya, coba ibu panggilin semua anak-anak ibu.  Ibu ngomongnya serius, tapi jangan marah.  Kasih tahu mereka bahwa ibu minta tolong dan tanya kapan mereka ada waktu untuk nolong ibu,” jawab saya memberi ide sambil sesekali menyeringai kesakitan karena pijitannya agak keras. “Ooh…, gitu ya neng?  Namanya juga kita kagak makan sekolah, jadi kalau mikir yah…yang langsung aja.   Tapi nanti ibu cobain deh, kali aja si neng bener.    Jadi emak ya kudu beginilah, ngertiin bae… begimana anak ajalah…,”kali ini sudah terlihat senyum di wajahnya.  “Ibu jangan susah, kalau banyak mikir nanti malah jadi sakit loh.  Enggak bisa dapet duit lagi deh…,” kali ini saya tertawa. “Ha..ha..ha..,  si neng bisa aja… Ibu mah kagak terlalu mikirin, cuma cerita aja.  Namanya juga anak, ibu mah nggak marah beneran deh, cuma heran aje…,” jelasnya sambil terus mengurut.  Oh,  suara itu jelas  menyiratkan kasih ibu.  Walau tak mampu  menutupi kegundahan hatinya, tapi kasih ibu mampu mengalahkan segalanya.

Ayat renungan pagi ini adalah pujian bagi seorang istri dan ibu di dalam rumah tangga kita.  Seorang ibu, penuh dengan kasih kepada keluarganya.  Ia bangun di pagi hari, mempersiapkan keperluan anak-anak dan suami sepanjang hari.  Ia merawat dengan kasih anak-anak yang dia lahirkan dengan penuh perjuangan.  Tidak jarang, seorang ibu harus mengorbankan waktu istirahatnya, mengabaikan kesenangannya dan melupakan kebahagiaan dirinya sendiri, dan mengutamakan perhatian kepada keluarganya.   Acap ketidakpedulian menghampiri anak-anak dan suami, mengabaikan pengorbanan seorang ibu.  Sering kita melupakan kasih ibu dan seolah tidak peduli, ketika ibu dan istri membutuhkan perhatian kita.  Kita diajak untuk menaruh cinta pada ibu kita dan istri kita, karena mereka lebih istimewa dari yang lain.   I won’t call you mother…I will call you Everything.  Happy mother’s day mom !

Ajak sahabat anda menikmati Roti Pagi ini.  Bagikan kepada mereka dengan menggunakan tombol "Tell A Friend di bawah ini"