Saturday, December 31, 2011

Renungan Akhir Tahun : "Urim dan Tumim"




Keluaran 28:30  “Dan  di dalam tutup  dada pernyataan keputusan itu  haruslah kau  taruh  Urim  dan  Tumim, haruslah itu di atas jantung  Harun, apabila ia masuk menghadap TUHAN, dan  Harun harus tetap  membawa  keputusan bagi  orang  israel di atas jantungnya di hadapan  TUHAN.”








Di atas  Sinai, TUHAN berfirman  kepada  Musa  mengenai  petunjuk peribadatan yang  diinginkanNya dan  Dia memberikan petunjuk mengenai Kemah  Pertemuan dan perkakasnya, persembahan khusus. Kepada
Musa  juga diperintahkanNya untuk mempersiapkan perlengkapan  baju  keimaman untuk Harun.  Salah  satu dari sekian banyak perlengkapan baju keimaman itu adalah Urim dan Tumim.

Ketika  bangsa  Israel  membutuhkan  sebuah  jawaban, maka imam besar akan memasukkan  Urim  dan  Tumim  ke  belakang  tutup dada.  Kemudian ia akan mengambil    salah  satu  dari  batu    yang  bentuk  dan ukurannya sama.  Jika  didapati  adalah  Urim, itu  artinya ‘Ya,  benar’.  Sedangkan jika di dapati Tumim  itu  berarti ‘Tidak’.   Dalam bahasa  Ibrani,  Urim  berasal  dari kata ‘Ur’ yang  berarti  ‘Terang’,  dan  Tumim  dari  kata ‘Tummim’  yang  berarti  ‘Lengkap, sempurna atau integritas’.

Kita patut bersyukur bahwa semua orang percaya adalah imamat yang rajani,  Sebagai  imam-imam rohani  dalam keluarga dan gereja  kita diharapkan  dalam praktik  kehidupan  sehari-harinya, harus  mampu mengambil  keputusan  di dalam Urim/terang Firman  dan Tumim/dalam sebuah integritas yang teruji.  Saat perjalanan hidup  kita mencapai akhir tahun  2011  dan  akan menyambut  tahun  yang  baru
2012, maka  kita  perlu mengambil  keputusan  iman dan  kehidupan untuk berada  di jalan terang Yesus Kristus  dan  memiliki integritas yang baik kepada  gereja-Nya,   terlebih pada Yesus Kristus.  Waktu  yang terbentang  di hadapan kita adalah sebuah tanda tanya.  Biarlah di dalam setiap mengambil sebuah  keputusan maha penting kita selalu meminta petunjuk dari  TUHAN hingga Maranatha.  
Selamat memasuki tahun baru 2012    Kiranya Tuhan memberkati kita senantiasa.

Pdt. Sonny Kapitan – Gembala Jemaat GMAHK Kemang Pratama