Thursday, December 15, 2011

Ujian Kesetiaan Dan Kasih

Sabat 10 Desember 2011

Acara kebaktian khotbah diawali dengan menyanyikan lagu-lagu yang dipimpin oleh ibu Debby Simanjuntak. Bacaan ayat bersahutan dipimpin oleh bapak Darlen Simanjuntak dan diikuti oleh jemaat dan dilanjutkan dengan lagu pembukaan khotbah oleh jemaat. Doa syafaat disampaikan oleh Pdt. Sonny Kapitan. Bacaan persembahan dibacakan oleh bapak David Tampubolon dan dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemungutan persembahan oleh diakon. Selanjutnya sebuah lagu pujian disampaikan oleh Saudara Didin. Cerita anak penghantar khotbah di sampaikan oleh ibu Ully Tambunan. Selanjutnya Jemaat menyanyikan lagu tema Minggu sembahyang Penatalayanan dengan judul “Hidupku Bukannya Aku Lagi“.

“ Ujian Kesetiaan Dan Kasih “
Pengkhotbah : Munas Tambunan

Firman Tuhan pada Sabat ini menekankan pentingnya memiliki kesetiaan dan kasih. Sama halnya dengan pengalaman yang dialami oleh seorang menantu yang bernama Rut kepada mertuanya yang bernama Naomi yang kisahnya terdapat di dalam Alkitab di buku Rut. Kesetiaan Rut kepada Naomi mertuanya adalah merupakan iman dan kepercayaan yang ia miliki terhadap mertuanya. Tiada kekhawatiran di dalam diri Rut untuk tetap mengikuti mertuanya Naomi. Dengan diliputi oleh kasih diapun setia kepada mertuanya. Ada beberapa aspek dari kasih yang dilakukan oleh Rut untuk menunjukkan kesetiaannya dan kasihnya kepada mertuanya Naomi, yaitu : Pertama, Aku tidak akan meninggalkan engkau. Kedua, Ikut kemana saja sang kekasih pergi. Ketiga, Melakukan apa saja yang baik demi membahagiakan orang yang dikasihi. Keempat, Menghormati orang yang dikasihi. Kelima, Berbagi sukacita dengan orang yang dikasihi. Kasih Rut kepada Naomi mendapatkan berkat dari Tuhan, dimana Tuhan membalas dengan membukakan pintu berkat baginya dan Tuhan mendatangkan banyak kemudahan kepadanya dan satu persatu kebutuhannya terpenuhi mulai dari kebutuhan yang paling mendasar sampai kepada kebutuhan-kebutuhan lainnya yang sulit diraih oleh orang lain. Himbauan kepada umat-umat Tuhan semoga melalui kisah hidup Rut dan Naomi kita dapat memahami, betapa lebarnya, panjangnya, tingginya dan dalamnya kasih Kristus serta dapat mengenal kasih itu sekalipun ia melampaui segala pengetahuan, supaya kita semua dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan kasih Allah.

Untuk mengaminkan firman Tuhan yang baru disampaikan jemaat menyanyikan lagu pujian penutup dan dilanjutkan dengan doa oleh bapak Munas Tambunan. Selesai acara kebaktian para tamu yang hadir beserta jemaat diundang untuk makan bersama dan dilanjutkan dengan mengikuti acara PA pukul 16.30.

-Mei-