Monday, December 05, 2011

Sabat, 26 November 2011

Kebaktian Sabat ini sebagai pianis jam kebaktian khotbah yaitu Felicia Tambunan dan Stella Simanjuntak. Bacaan ayat bersahutan dibacakan oleh bapak Ramlan Sormin dan diikuti oleh Jemaat, dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan. Doa syafaat disampaikan oleh bapak Dharlen Simanjuntak. Bacaan persembahan dibacakan oleh saudara Robert Rihihina dan dilanjutkan dengan pemungutan persembahan oleh diakon dan ditutup dengan doa. Kemudian sebuah nyanyian istimewa dibawakan oleh orang-orang muda dengan judul “ This Is My Desire “ . Cerita anak-anak dibawakan oleh ibu Meiwan Tobing dan semua anak-anak maju ke depan untuk mendengarkan cerita berupa kuis yang menarik.

“ Immediately Dangerous to Life of Health “

Pengkhotbah : Erhart Tobing

Allah Bersabda sabat ini melalui Firman Tuhan dengan ayat inti yang diambil dari Lukas 21 : 36, dimana firman Tuhan pada Sabat ini menekankan pentingnya waspada didalam menghadapi bahaya pencobaan baik secara fisik dan juga kerohanian yang seringkali datang didalam kehidupan setiap orang. Kehidupan sekarang merupakan suatu kondisi dimana setiap orang berada di dalam bahaya yang berupa bahaya yang mengancam kesehatan secara fisik maupun kerohanian. Potensi bahaya yang mengancam keselamatan jiwa juga dapat terjadi disetiap tempat. Adanya gas-gas dialam yang dapat menimbulkan api dan membuat suatu ledakan-ledakan yang berbahaya bagi manusia. Namun pengetahuan didalam mengatasi ledakan-ledakan api itu akan memperkecil resiko untuk menjaga keselamatan nyawa seseorang. Didalam kehidupan umat-umat Tuhanpun, kekurang pengetahuan akan bahayanya dosa akan membuat seseorang berada semakin jauh jatuh kedalam dosa. Namun pengetahuan akan kebenaran firman Allah dengan pertolongan Roh Kudus akan membantu umat-umat untuk menghindari perbuatan dosa dan tetap teguh setia ber-iman kepada Allah. Himbauan, dengan mengenakan perlengkapan senjata Allah maka, setiap umat-umat Tuhan dapat menghilangkan kecenderungan perbuatan dosa. Potensi perbuatan dosa yang berasal dari setan dan juga dari diri manusia itu sendiri akan ditepiskan oleh mengenakan jubah kebenaran Allah dan mengenakan perlengkapan senjata Allah.

Untuk meng-aminkan firman Tuhan yang baru disampaikan, Jemaat menyanyikan lagu penutup dan akhiri dengan doa oleh bapak Erhart Tobing. Selesai kebaktian, jemaat dan juga para tamu yang hadir diundang potlak bersama dan juga mengikuti acara Pemuda Advent pada pukul 16. 30. Semoga menjadi berkat.

-Mei-