Wednesday, December 07, 2011

PERINTAH WAJIB

Yohanes 15:12, “Inilah perintahKu, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.”


Senang rasanya melihat anak-anak yang Allah karuniakan kepada rumah tangga kami bertumbuh dan bertambah besar dari hari ke hari. Dapat kami katakan, anak-anak kami ini hampir memiliki hobby maupun favorit yang sama, walaupun secara fisik dan sifat mereka dapat dikatakan jauh berbeda satu dengan yang lain. Pendiam, kulit lebih putih bahkan cenderung pemalu dan agak acuh dengan orang lain adalah sifat anak kami yang lebih tua sementara periang, mudah bergaul dengan warna kulit lebih gelap dari kakaknya, demikianlah penampilan fisik dan sifat dari keduanya saling berbeda.

Entah mengapa mereka memiliki favorit yang sama yakni senang dengan musik ataupun lagu-lagu. Tidak heran, setiap kali ada hits album baru yang sesuai dengan keadaan saat kini, mereka cenderung sudah mengetahui syair lagu tersebut. Bahkan, tak jarang pula saya maupun istri saya harus menemani mereka ke pusat perbelanjaan hanya untuk berkunjung ke toko music untuk membeli piringan lagu-lagu yang lagi ngetrend. Hari demi hari mereka menghabiskan waktu hampir bersama-sama setiap hari baik di sekolah, di tempat les bahkan bermain di rumah. Namun ada satu hal yang kurang baik saya perhatikan dari anak kami yang tertua, ia cenderung tidak mau berbagi dengan adiknya.

“Pa, kakak gak mau minjemin CD-nya itu. Dia hanya mau dengerin sendiri, adek gak pernah dibolehin ikutan ngedengerin”, celetuk adiknya melaporkan sifat kakaknya dengan sedikit cengeng kepada saya. “Hah, lapor elu ke sana sama Papa & Mama, sekalian aja sama kakek dan nenek elu”, celoteh kakaknya sinis membalas erangan adiknya. “Adek bener. Kakak gak boleh pelit sama adik dan sebaliknya. Percuma kalau kakak baek sama temanmu atau orang lain tapi gak baek sama adek sendiri”, ucapku kepada anak kami menerangkan sifat yang kurang baik. “Kakak harus baek sama adik dan orang lain supaya kebaikanmu berarti. Jangan pilih-pilih kalau mau berbuat baik”, nasihatku lebih lanjut. Ayat pagi ini mengingatkan tiap-tiap kita berkewajiban untuk saling mengasihi bagi setiap orang sebagai wujud penerimaan kita atas kasih Allah melalui penebusan Anak-Nya bagi kita. Setiap orang yang telah dikasihi Allah wajib mengasihi sesamanya. Sudahkan anda dan saya mengasihi setiap orang sebagai bukti kita telah menerima kasih Allah?.

Mari Kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat Kita dengan menggunakan tombol “Tell A Friend” dibawah :