Sunday, September 09, 2012

Kasih Allah Yang Ajaib


Kebaktian Sabat
GMAHK Kemang Pratama
08 September 2012
Judul Khotbah :
“Kasih Allah Yang Ajaib”
Pengkhotbah :  Bapak Ramlan Sormin 
(Pemimpin Komunikasi Jemaat)
Perbaktian pada jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh bapak Jamesson Silitonga dan diiringi pianis Timoty Purnama.  Selanjutnya  bacaan Alkitab bersahutan dipimpin oleh bapak Dharlen Simanjuntak  dan dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan lagu sion nomor 277 “Kasih Allah” .  Doa syafaat dipimpin oleh Pendeta Sonny Kapitan. Bacaan persembahan dibawakan oleh saudara Robert Rihihina dan dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemberian persembahan oleh diakon. 

Selanjutnya dua buah lagu berturut-turut di sampaikan oleh “Kwartet Caromio” dan dilanjutkan dengan cerita anak-anak penghantar khotbah dibawakan oleh  ibu Evelyn Sormin yang menghimbau anak-anak untuk menjadi anak penurut dan baik bagi semua orang. 

Untuk meyambut Firman Tuhan sebuah lagu pujian  dibawakan oleh  Velan dkk.



“Tuhan Bersabda Padaku”  sebuah lagu pujian mengiringi khotbah pada siang Sabat. Firman Tuhan pada sabat ini mengambil ayat inti dari Yunus 2 : 9b, “Segala janjiku akan kulakukan. Engkaulah TUHAN yang menyelamatkan. yang mengingatkan kepada umat-umat Tuhan pelajaran penting yang dapat di ambil dari pengalaman Yunus ketika diutus Tuhan untuk menobatkan  orang-orang di Kota Niniwe. Dimana kitab Yunus memiliki empat pasal dan tidak terlalu banyak ayat, namun kisah Yunus, sangat menarik oleh karena seorang hamba Tuhan yang diutus dan kemudian menolak untuk pergi ke tempat yang Allah Tunjukkan namun Tuhan menganggap Yunus adalah orang yang tepat  dan pada akhirnya Yunus kembali mengikuti perintah Tuhan. Sepanjang perjalanan Yunus  banyak hal yang terjadi,  bahkan kapal Yunus mengalami badai diapun dilemparkan. Tentunya umat-umat Tuhanpun sering mengalami badai pencobaan, kegagalan dan tantangan ketika ingin melakukan sesuatu. 


Tuhan menghendaki umat-umat-Nya untuk menuju jalan yang baik, Allah selalu mengingatkan  umat-Nya untuk kembali kejalan yang benar.  Allah ingin umatNya terjaga dan mengikuti petunjuk Tuhan. Kasih karunia Allah kepada umat-umatNya yaitu keselamatan, yang Allah telah berikan bagi setiap orang yang menuruti perintah- perintah-Nya. Salah satu mujizat terbesar yang harus dialami umat-umat Tuhan  yang Allah inginkan adalah pertobatan.  Himbauan, marilah kita merenungkan Firman Tuhan dengan sepenuh hati, dan percaya sepenuhnya kepada Allah, agar dengan demikian umat-umat Tuhan senantiasa mengerti akan jalan yang Allah inginkan dan melakukannya bahkan dapat mengabarkan kabar kebenaran kepada orang lain, sehingga banyak orang akan selamat.

Untuk meng-aminkan Firman Tuhan yang baru disampaikan “koor BWA“ menyanyikan sebuah lagu pujian  sebagai lagu penutup dan dilanjutkan dengan doa bapak Ramlan Sormin. Selesai acara perbaktian, jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potlak bersama dan mengikuti acara PA yang diadakan pada pukul 16.30 wib. Tuhan Memberkati. Amin.

-Mei-