Monday, September 10, 2012

Lengan Tuhan Yang menopang



Kebaktian Vesper
GMAHK Kemang Pratama
07 September 2012
Pdt Sonny Kapitan

“Allah yang abadi adalah tempat perlindunganmu, 
dan dibawahmu ada lengan-lengan yang kekal. Ia mengusir 
musuh dari depanmu dan berfirman : Punahkanlah!”
Ulangan 33 : 27
Kebaktian vesper di gereja  Kemang Pratama diadakan pada pukul 19.30 tepat dimana acara dipimpin oleh bapak Dharlen Simanjuntak dengan terlebih dahulu mengundang kehadiran Roh Kudus melalui berdoa di dalam hati masing-masing. Selanjutnya jemaat menyanyikan  lagu sion nomor 104 “Slamat Di Lengan Tuhan"  dengan pianis Junior Tampubolon dan dilanjutkan dengan doa oleh bapak Jamesson Silitonga. Sebelum renungan Firman Tuhan disampaikan, sebuah lagu pujian disampaikan oleh  keluarga bapak Ramlan Sormin dan keluarga bapak Willy Wuisan.

Renungan Firman Tuhan  dibawakan oleh Pendeta Sonny Kapitan yang berjudul "Lengan Tuhan Yang menopang"  yang mengingatkan bahwa banyak peristiwa-peristiwa yang membuat umat-umat Tuhan khawatir ataupun was-was, bahkan berita-berita yang terjadi yang  membuat orang bertambah merasa khawatir. Adakah tempat yang aman di dunia ini?, tentunya bila ada maka banyak orang ingin mendapatkannya. Tempat teraman bagi umat-umat Tuhan adalah hanya dalam  lengan Tuhan sendiri. Umat-umat Tuhan membutuhkan lengan Tuhan yang kuat untuk menopang umat-umatNya. Sebuah pertanyaan diberikan oleh pendeta Sonny Kapitan, Apa yang menjadi kebutuhan  kita pada saat ini? ibu Adeline  menjawab yakni, kebutuhan saya adalah kerohanian saya bertumbuh. Selanjutnya kebutuhan bapak Willy Wuisan menjawab kebutuhannya adalah kesehatan. Selanjutnya kebutuhan Dave yakni kepintaran, dan kebutuhan  ibu Lince adalah perlindungan Tuhan, bapak Chandra menjawab bahwa kebutuhannya adalah dekat dengan Tuhan, dan ibu Silitonga menjawab bahwa kebutuhannya yakni menjadi benar. Banyak hal yang dapat menjadi kebutuhan umat-umat Tuhan. Doa-doa pribadi dalam keluarga sangat di butuhkan untuk perlindungan yang dapat memberikan kekuatan. Lengan Allah memberikan kekuatan dan perlindungan dalam menjalani kehidupan. Himbauan, Ternyata dalam kehidupan umat Tuhan maka akan selalu membutuhkan Tuhan. I Petrus 3 : 12 menyatakan bahwa,  Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat.” Tuhan selalu siap mendengarkan umat-umatNya dan umatNya harus tetap setia  kepada Tuhan.

Firman Tuhan ditutup dengan Jemaat menyanyikan lagu penutup nomor 113 “ TUhan Batu Karang Kitau  “ dan dilanjutkan dengan dengan doa penutup oleh Pendeta Sonny Kapitan.aa Selesai acara vesper jemaat membentuk lingkaran di halaman  gereja dan sambil  bergandengan tangan menyanyikan lagu “ God Is So Good “ serta mengucapkan selamat Sabat dan yel-yel Sabat. Kiranya menjadi berkat dan sampai berjumpa Sabat pagi …

-Mei-