Sunday, September 02, 2012

Pengalaman Di Padang Belantara



Kebaktian Sabat
GMAHK Kemang Pratama
01 September  2012

“Pengalaman Di Padang Belantara”
Pengkhotbah oleh : Bapak Erhart Tobing

Sabat ini merupakan Sabat pertama bulan September, dan acara perbaktian pada jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh saudara Robert Rihihina dengan iringan piano oleh pianis Joshua Simanjuntak.  Selanjutnya  bacaan Alkitab bersahutan dipimpin oleh bapak Mulana Simanjuntak  dan dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan. Doa syafaat dipimpin oleh pendeta HM. Siagian. Bacaan persembahan dibawakan oleh bapak Donny Ham dan dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemberian persembahan oleh diakon. Cerita anak-anak penghantar khotbah dibawakan oleh  ibu Meiwan Tobing yang menghimbau anak-anak untuk menjadi anak yang mengasihi Tuhan. Selanjutnya sebuah lagu pujian dibawakan oleh sekolah sabat Keluarga Pendeta Sonny Kapitan dengan judul lagu “ Kasih “.

“Tuhan Bersabda Padaku”  sebuah lagu pujian mengiringi khotbah pada siang Sabat. Firman Tuhan pada sabat ini mengambil ayat inti dari Yesaya 58 : 11, Tuhan akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan memperbaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak akan pernah mengecewakan.  Firman Tuhan sabat ini menekankan bahwa pengalaman bangsa Israel, berjalan menuju ke tanah Kanaan memiliki pelajaran yang penting dalam perjalanan kehidupan umat-umat Allah pada masa ini.  Allah menuntun bangsa Israel  siang maupun malam bahkan menuntun mereka dari keadaan yang buruk kepada keadaaan yang baik, dari yang baik kepada keadaan yang lebih baik, dari yang berkekurangan kepada yang berkecukupan, dari yang sakit menjadi sehat, dan dari suasana Neraka menjadi suasana Surga. Namun seringkali bangsa Israel  tidak percaya, dan tidak mau dipimpin oleh Allah, sehingga mereka banyak mengalami kesulitan. Manusia hidup bukan dari roti saja, namun dari Firman Tuhan, umat Tuhan percaya bahwa ketika hidup begitu keras, kita harus memiliki iman ynag teguh kepada Yesus dan ketika umat-umat Allah berada dalam kepahitan ataupun kesulitan hidup, datanglah kepada Allah dengan menikmati akan Firman-Nya, dimana Tuhan akan menuntun, Tuhan akan memuaskan  hati,  dan Tuhan akan memperbaharui kekuatan umat-umat-Nya. Himbauan, marilah kita menikmati berkat Tuhan melalui berkat-berkat-Nya dan juga makanan rohani yaitu Firman Tuhan yang akan memberikan kekuatan iman. Melakukan pekerjaan Tuhan akan memperikan pelajaran yang baik bagi pertumbuhan iman kepada Tuhan.

Acara kebaktian ditutup dengan nyanyian dan dilanjutkan dengan doa berkat oleh Pendeta HM. Siagian. Selesai acara perbaktian, jemaat dan para tamu yang hadir saling bersalaman. Selanjutnya jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potlak bersama dan mengikuti acara PAG se – DKI pada pukul 14.30wib, yang diadakan di Gereja Advent MT. Haryono. Terima Kasih. 
Tuhan Memberkati.

-Mei-