Sunday, September 30, 2012

Hormatilah Orang Tuamu


Kebaktian Sabat 
GMAHK Kemang Pratama
Sabtu, 29 September  2012

Judul Khotbah : “Hormatilah Orang Tuamu
Pengkhotbah oleh Ketua Jemaat : Bapak David Tampubolon


Sabat ini merupakan Sabat ketigabelas dari triwulan ketiga, dan acara perbaktian pada jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh saudari Fidella Tambunan dan diiringi pianis Joshua Simanjuntak dkk. Selanjutnya  bacaan Alkitab bersahutan dipimpin oleh bapak Munas Tambunan  dan dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan.  Doa syafaat dipimpin oleh Pendeta Sonny Kapitan. 

Bacaan persembahan dibawakan oleh bapak Ramlan Sormin dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemberian persembahan oleh diakon.



Cerita anak-anak penghantar khotbah dibawakan oleh  ibu Meiske Tampubolon yang berjudul “ Sepuluh Orang Kusta “ yang menghimbau anak-anak untuk menjadi anak yang mengasihi dan menghormati Tuhan. 

Selanjutnya sebuah lagu pujian dibawakan oleh Departemen Sekolah Sabat Anak dengan judul lagu  “ I Will Never Be “.

“Tuhan Bersabda Padaku“ sebuah lagu pujian mengiringi khotbah pada siang Sabat. Firman Tuhan pada sabat ini yang menekankan salah satu hukum taurat yaitu hukum yang kelima, yakni menghormati orang tua. Melihat akan perilaku yang sering dilakukan oleh anak-anak yang pada zaman ini sering melawan dan tidak menghormati orang tua bahkan melakukan tawuran yang dapat membawa celaka kepada diri dan orang lain itulah sebabnya supaya umat-umat Tuhan berhati-hati dalam mengajarkan pelajaran terhadap anak-anak. Di zaman modern banyak orang mengandalkan otak dan otot. Yang harus ditanamkan kepada anak-anak adalah ketakwaan, yaitu, takut akan apa yang dilarang Allah dan menurut apa yang diperintahkan Allah. Pada zaman ini orang lebih memilih untuk menyekolahkan disekolah yang lebih modern, namun hendaklah tidak melupakan  untuk mengajarkan ketakwaan dan sikap menghormati. Hormatilah orang tuamu, merupakan suatu perintah yang Firman Allah ingatkan kepada setiap orang untuk menghormati.  Merupakan suatu berkat Tuhan  diberikan seorang  pemimpin.

Adalah merupakan suatu otoritas bagi seorang pemimpin untuk memimpin anggotanya. Sebagaimana Yusuf, Yakub, dan Musa, memiliki otoritas utnuk memimpin bangsanya dengan petunjuk dan perintah Tuhan. Orang tua merupakan seorang yang harus dihormati, dengan karena dengan itu Tuhan memberikan berkat dan juga kutuk. Banyak orang yang menghormati orangtuanya ketika sudah meninggal, dan tidak memanfaatkan kesempatan untuk menghormati orang tuanya ketika masih hidup. Banyak orang menghormati oleh karena jabatan atau posisis bahkan menghormati  oleh karena kekayaan. Ganjaran yang diberikan Allah ketika seseorang tidak menghormati adalah ganjaran terhadap perbuatan-perbuatan yang telah dilakukan. Contoh yang diberikan orang tua terhadap anaknya melalui tindakan nya merupakan ajaran yang paling dapat diterima oleh seorang anak dan dituruti. Apa yang ditabur, maka itu pula yang akan dituai kemudian. Himbauan, marilah kita menanamkan rasa hormat kepada anak-anak dan berulang-ulang, sehingga Tuhan akan memberikan berkat kepada anak-anak kita.

Kebaktian sabat siang ini ditutup dengan nyanyian penutup dai lagu sion 260 “Senanglah Rumah“ dan dilanjutkan dengan doa penutup oleh bapak David Tampubolon. Selesai acara perbaktian, jemaat dan para tamu yang hadir saling bersalaman. Selanjutnya jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potlak bersama dan mengikuti acara –acara selanjutnya dan mengikuti acara PA pada pukul 16.30 Wib.

-Mei-