Monday, May 25, 2009

Lakukan Dengan Segenap Hati

Kolose 3:23 "Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia."





Ada seorang pegawai di kantor saya yang sangat pehitungan sekali dengan pekerjaannya. Sepertinya segala sesuatu yang dikerjakan olehnya harus dinilai dengan uang. “Mas, bantuin saya dong…”, pinta saya padanya satu hari. “Mau bayar berapa? ”, katanya segera. Pernah juga dia menggerutu karena diberikan suatu tugas di luar pekerjaan sehari-harinya. “Masak gaji saya cuma segini, tapi pekerjaan saya banyak sekali!”, gerutunya. Saya hanya bisa menasehati dia, “Sabar mas, anggap saja kamu belajar. Dan juga cobalah belajar untuk jangan menilai sesuatu dengan upah. Saya rasa jika kita mau mengerjakan segala sesuatunya dengan tulus, pasti bos akan tahu”.

Sementara itu, ada juga seorang pegawai kami yang lain, seorang office boy, yang sangat rajin dalam bekerja. Dia tidak pernah mengeluh apapun perkerjaan yang diberikan kepadanya. Bahkan seringkali dia membantu kami untuk mengerjakan tugas yang sebenarnya bukan tugasnya. ”Nggak apa-apa pak. Anggap saja saya belajar dari bapak”, katanya. Atau lain saat dia berkata, ”Buat saya bekerja itu amanah pak. Saya mengerjakan pekerjaan ini dengan tulus. Saya menganggap pekerjaan ini adalah kewajiban yang Tuhan berikan kepada saya dan saya harus melakukannya dengan baik, apapun pekerjaan yang diberikan kepada saya”. Dan hasilnya dia dapat pada akhir tahun. Dia mendapat promosi untuk menempati posisi yang lebih baik.

Ayat kita pagi ini menyatakan bahwa apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Dalam pekerjaan, kadang kita suntuk, bosan, stress dan lain sebagainya. Ini semua karena kita merasa terbeban dengan pekerjaan kita. Hari ini, bilamana kita merasa jemu dengan pekerjaan kita, ingatlah, kita harus melakukannya dengan sukacita dan dengan segenap hati. Lakukanlah pekerjaan ini sama seperti pada saat kita melakukan pekerjaan untuk Tuhan. Bila kita melakukan hal itu, maka berkat-berkat yang indah akan menjadi milik kita.

God bless us today !