Sunday, May 24, 2009

Serahkan Bebanmu !

Ibrani 12:1 “Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.”






Hampir tiap hari, anak kami selalu membawa-bawa tas sekolahnya yang baru. Bukan untuk ke sekolah, namun bila kami mengajak dia untuk pergi, dia selalu membawa tas itu. Tas itu memang pemberian dari oma-nya pada saat ia merayakan hari ulang tahun. Tas yang menurut kami terlalu besar untuk anak seusianya. Namun, karena sangat cintanya kepada barang itu, maka kemanapun ia pergi, tas itu selalu menemaninya.

“Kak, tas itu tidak usah dibawa ya. Beratkan?” kata saya. “Aah, itukan dari oma ! Aku harus bawa. Aku kan suka tas itu !”, kata anakku. Jadi dengan sedikit terpaksa, kami memperbolehkan dia untuk membawa tasnya yang besar itu. Sambil jalan, kami perhatikan, anak kami agak kesulitan untuk membawanya. ”Sini, papa bawakan tasnya !”, kata saya. ”Nggak. Aku aja yang bawa.”, balasnya sambil terus berjalan sambil sedikit-sedikit membetulkan letak tasnya yang sering melorot dari pegangan tangannya. ”Ayo cepat, nanti kita terlambat” kata saya lagi. ”Apa sih yang kamu bawa, sepertinya tas itu cukup berat.”, saya bertanya. ”Buku cerita.”, jawabnya singkat. ”Coba papa lihat, apa saja sih isi tas kamu”, kata saya lagi sambil melihat isi tasnya. Ternyata di dalam tas itu terdapat buku gambar, pinsil warna dan beberapa buku cerita bergambar. ”Pastas saja berat”, pikir saya. ”Sudah. Sekarang, tas ini papa yang bawa saja ya. Supaya kamu tidak berat lagi.”, kata saya. Dan memang, setelah tas itu diserahkan, maka dia dapat berjalan dengan santai. Ia tidak lagi direpotkan oleh beban dari tasnya itu.

Ayat renungan pagi ini mengingatkan kita untuk melepas semua beban dan dosa yang membebani kita. Kita perlu menanggalkan itu. Sering kita tidak mau melepaskan beban kita. Kita ingin membawa beban kita sendiri. Kita merasa kuat untuk menanggung beban kita. Kita sedang dapat perlombaan untuk mencapai kemenangan iman. Jangan jadikan beban dan dosa masa lalu membebani kita sehingga kita terhambat olehnya. Marilah kita menjalani kehidupan dengan mata yang tertuju kepada Yesus. Yesus akan memimpin kita tiba di tujuan akhir yaitu surga yang kekal.

Have a nice week end !