Tuesday, May 19, 2009

Kenapa Harus Darah ?

Sabat 16 Mei 2009 sangat cerah, jemaat tengah bersiap memasuki kebaktian khotbah. Dr. Reynold Malingkas dari RSA Bandung membawakan firman Tuhan pada Sabat ini. Di awal kebaktian, Ibu Dahlia Hutauruk membawakan cerita untuk anak-anak tentang “Bersyukur”. Di dalam cerita seorang petani bernama Pak Jamal yang memiliki sifat suka marah-marah dengan istrinya dan tidak pernah mensyukuri apa yang dia miliki. Hingga pada suatu ketika pak Jamal tengah pergi dan di jalan ia berteduh di bawah pohon ceri dan di sebelah pohon ceri itu ada pohon labu yang sangat besar. Ia tertidur pulas hingga tanpa disadari buah ceri jatuh tepat di matanya. Lalu dia pun terbangun dan melihat ternyata hanya buah ceri dan bukan labu yang ada di sebelah yang menimpanya. sejak itulah dia pun mulai bersyukur dengan apa yang ada ada padanya. Usai cerita yang baik, anak-anak kembali ke tempat orang tua masing-masing. The Youth Voice mengalunkan lagu istimewa berjudul “Great Is Thy Faithfulness”. Lagu yang menyaksikan bahwa Tuhan selalu setia mengasihi kita dinyanyikan dengan merdu diiringi dan padu dengan piano yang mengiringi. Lagu yang indah ini menyiapkan hati jemaat untuk mendengar firman Tuhan yang berjudul “Kenapa Harus Darah ?”

Dr. Reynold mengawali khotbah dengan membacakan beberapa kutipan dalam alkitab tentang darah. Dalam Imamat 17 ayat 11 dikatakan bahwa nyawa mahluk hidup ada di dalam darahnya dan darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawa. Di ayat 12 dikatakan bahwa kita tidak boleh makan darah. Selanjutnya di dalam Perjanjian Baru disebutkan bahwa darah Yesus tercurah untuk menebus semua manusia dan memberikan keselamatan. Kutipan dalam alkitab ini menekankan bahwa darah itu penting bagi hidup dan keselamatan manusia. Dr. Reynold melanjutkan dengan menguraikan pentingnya darah dari sudut medis. Ada 3 jenis darah yaitu, darah merah, darah putih dan trombosit. Darah yang ada dalam diri kita ini 91-92% adalah terdiri air dan 7-9% adalah zat padat lainnya. Setetes darah mengandung ratusan ribu sel darah merah dan putih. Fungsi darah merah dengan unsur utama haemoglobin (Hb) adalah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sel darah putih untuk melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Seorang Profesor dari Rusia yang bernama Alexander Paletev mengatakan “Kita dapat mencegah penyakit yang ada di dalam tubuh kita untuk beberapa tahun ke depan hanya dengan melatih tubuh kita, diet, dan banyak berolah raga. Hal ini akan menolong agar darah mengalir dengan baik dan kita tetap sehat. Darah amat penting bagi kehidupan kita. Saat Yesus mati di kayu salib bagi manusia, begitu banyak darah yang keluar dari tubuhNya. Yesus memberikan darahNya agar kita bisa mendapatkan kehidupan yang kekal. Dr. Reynold mengajak kita untuk merenungkan pengorbanan Yesus dan apa yang harus kita buat untuk menyambutNya. Di akhir khotbah, Dr Reynold mengatakan bahwa produk-produk komersial yang dijual di dunia dikenal karena punya slogan-slogan yang tertanam di dalam pikiran seperti “dimana saja, kapan saja, minum…” atau “orang pintar pasti minum…”. Yang menjadi pertanyaan, dengan apakah kita sebagai orang Kristen akan dikenal oleh orang lain ? Kita diajak untuk menghidupkan teladan Yesus setiap hari, agar nama Tuhan dimuliakan. Puji Tuhan untuk renungan yang baik. Jemaat merasakan berkat yang indah di Sabat ini.