Sunday, August 07, 2011

Belajarlah Kepada Semut


Vesper, 5 Agustus 2011

Hai pemalas pergilah kepada semut, pehatikanlah lakunya dan jadilah bijak ” Amsal 6 : 6


Kebaktian Vesper di Gereja Advent Kemang Pratama di mulai jam 07.30. Dan untuk memulai acara jemaat berdoa di dalam hati masing-masing untuk mengundang kehadiran Roh Suci. Jemaat menyanyikan lagu pujian pembukaan yang dipimpin oleh bapak Karman sebagai pembawa acara dan dilanjutkan dengan doa buka oleh bapak Jamesson Silitonga. Lagu pujian dibawakan oleh keluarga bapak Donny Ham berjudul “ Ku Harap PadaMu “.

Firman Tuhan pada malam vesper ini dibawakan oleh bapak Z. Sijabat yang menekankan tentang bagaimana perlunya untuk melihat dan memperhatikan perilaku hewan untuk mendapatkan suatu pelajaran penting di dalam kehidupan dan juga kebijaksanaan. Salah satunya adalah semut. Ada sepuluh sifat semut yang dapat kita pelajari yaitu, sifat peduli, positif, antusias, inovatif, rendah hati, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, produktif, komitment dan tabah. Sebagai anak-anak Tuhan sifat-sifat demikian adalah perlu dimiliki untuk pertumbuhan iman di dalam Kristus Yesus. Kelemahan yang di miliki dan kebiasaan yang buruk haruslah disingkirkan sehingga tidak menghambat didalam pertumbuhan kerohanian kita. Banyak anak- anak Tuhan yang berperilaku seperti ikan lele, yaitu licin dan memiliki banyak patil yang artinya berperilaku seolah-olah seorang yang rohani tetapi tidak suka apabila untuk ditegur kesalahannya. Kemudian banyak anak Tuhan yang berperilaku seperti udang, yaitu berjalan mundur, yang artinya, pertumbuhan imannya mundur dan tidak bertumbuh bahkan seperti kepiting yaitu, berjalan tidak pernah kedepan tetapi ke kiri atau kekanan yang artinya jalan kerohaniannya tidak lurus dan juga seperti belut, yaitu licin yang artinya berperilaku seperti belut yang artinya tidak berpendirian dan hanya ikut-ikutan di dalam beragama dan kerohaniannya. Dan himbauan kepada anak-anak Tuhan yaitu, marilah kita menggunakan kesempatan untuk memiliki perilaku yang dapat mendatangkan berkat bagi orang lain dan menyingkirkan sifat-sifat yang buruk yang tidak berkenan kepada Tuhan.

Untuk meng-aminkan firman Tuhan, Jemaat menyanyikan lagu penutup dan kebaktian vesper diakhiri dengan doa oleh bapak Z. Sijabat. Selesai kebaktian jemaat membentuk lingkaran di luar gereja dan menyanyikan lagu “ God is so good” dan mengucapkan yel-yel, Selamat Sabat 3X, Tuhan Memberkati, Halleluya, Amin. Sampai berjumpa pada hari sabat pagi…

-Mei-