Thursday, August 18, 2011

Pengadilan di Kaisarea

Acara Rabu malam 17 Agustus 2011, di GMAHK Kemang Pratama dimulai tepat pukul 19.30. Sebelum memulai acara jemaat berdoa dalam hati masing-masing untuk mengundang kehadiran Roh Suci. Untuk memulai acara permintaan doa jemaat menyanyikan lagu pembukaan lagu Sion nomor 287 “ Berdiri Karna Yesus “ yang dipimpin oleh bapak Karman sebagai pembawa acara dan dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh Pendeta Sonny Kapitan. Lagu pujian dibawakan oleh ibu Lince Manurung yang dinyanyikan setelah kesaksian dan doa permohonan.

Kesaksian dan permohonan untuk didoakan malam ini yaitu, permohonan dan ucapan syukur dari oma Wira atas ulang tahun opa Wira yang ke-80 tahun agar senantiasa diberikan kesehatan, kemudian kesaksian ibu Lince yaitu ucapan syukur kepada Tuhan atas kesehatan yang diberikan kepadanya sehingga masih dapat melihat pertumbuhan cucu-cucunya, kesaksian bapak Ramlan Sormin yaitu, ucapan syukur atas kesehatan yang diberikan Tuhan kepada opung Sormin dan oma Arsyad, juga permohonan untuk didoakan yaitu mendoakan bapak dan ibu Willy Wuisan yang sedang mengadakan pemeriksaan kesehatan di RS. Penang, dimana sejauh ini tidak ada hal-hal yang merisaukan dan selanjutnya kesaksian Pendeta Sonny Kapitan berupa permohonan untuk didoakan yaitu, Program penginjilan digereja Kemang Pratama melalui departemen komunikasi kiranya dapat berjalan dengan baik dan juga mendoakan akan ibu Sihombing br Simbolon dari gereja Cempaka Putih yang sedang menderita sakit kanker stadium-4, kiranya Tuhan dapat memberikan pemulihan kesehatan. Dilanjutkan topik-topik doa lainnya yaitu mendoakan KPA-KPA yang sedang berlangsung di gereja Kemang Pratama dan juga mendoakan family of the month untuk bulan Agustus yaitu keluarga bapak David Tampubolon. Selanjutnya jemaat berdoa berkelompok.

Firman Tuhan pada malam ini dibawakan oleh bapak Ramlan Sormin yang berjudul “ Pengadilan di Kaisarea “, yang diambil dari buku Alfa dan Omega jilid 7 bab ke 39 yang mengisahkan tentang pengalaman Rasul Paulus di Kaisarea. Dan beberapa pelajaran penting yang dapat diambil dari tulisan ini ialah, pentingnya untuk mengatakan suatu kebenaran dengan penuh kesopanan. Sama seperti sikap kesantunan Rasul Paulus ketika dihadapkam kepada dakwaan yang dituduhkan terhadapnya. Dengan ketulusan hati dia menyatakan kebenaran yang diketahuinya dan dengan pertolongan Roh Kudus rasul Paulus berusaha untuk meyakinkan orang banyak akan kebenaran dia telah sampaikan dan yang dia lakukan, dan dengan penuh kerendahan hati serta penguasaan diri juga Rasul Paulus menyatakan akan adanya pehukuman pada masa penghakiman yang akan datang bagi orang yang tidak mau bertobat. Dan himbauan yang dapat diambil oleh umat-umat Tuhan sekarang ini yaitu, hendaklah tidak menunda untuk menerima dan melakukan serta menyampaikan akan kebenaran yang telah dimiliki. Sebagai umat Tuhan hendaklah juga selalu mempertahankan kebenaran pada setiap kesulitan dan dengan pertolongan Tuhan dapat mengambil keputusan yang benar dan mau membagikan kebenaran itu kepada orang lain. Karena Allah masih memberikan kesempatan-kesempatan kepada umat-umatnya untuk hidup benar sesuai dengan kemurahan dan kasihNya.

Untuk mengaminkan firman Tuhan yang baru disampaikan jemaat menyanyikan lagu penutup dan acara kebaktian diakhiri dengan doa penutup oleh bapak Ramlan Sormin. GBU

-Mei-