Monday, August 22, 2011

ILAH

Kebaktian khotbah Sabtu, 20 Agustus 2011, di awali dengan menyanyikan lagu-lagu dari lagu sion yang dipimpin oleh bapak Erhart Tobing. Acara kebaktian khotbah dimulai dengan bacaan ayat bersahutan yang dipimpin oleh bapak Z. Sijabat diikuti oleh jemaat dan dilanjutkan dengan lagu pembukaan lagu Sion nomor 294 “ Kusembah Juruselamat “. Kemudian doa syafaat dilayangkan oleh bapak Dixon Simanjuntak. Bacaan persembahan dibacakan oleh bapak Viertin Tobing dan dilanjutkan dengan pemungutan persembahan oleh diakon. Cerita untuk anak-anak dibawakan oleh ibu Lamria Simanjuntak dengan judul ‘ Suka Memberi ’ yang mengajak anak-anak untuk suka menginjil melalui suka memberi. Dan lagu istimewa dinyanyikan solo oleh saudara Didin. Khotbah Sabat ini berjudul ...

“ ILAH “

Penghotbah : Bapak Mulana Simanjuntak

Firman Tuhan yang disampaikan mengambil ayat inti dari Amsal 21 : 2 , yang menekankan tentang pentingnya umat-umat Tuhan untuk mengagung Allah sang pencipta daripada mengangungkan ciptaanNya. Karena bilamana hal-hal yang bersifat rohani apabila salah dipersepsikan oleh umat-umat Tuhan maka itu akan menjadi berhala dan ilah yang dapat membawa kepada kebinasaan. Sama seperti kisah bangsa Israel ketika di pagut oleh ular karena persungutan yang dilakukannya, sehingga Tuhan menyuruh Musa untuk membuat ular tembaga dimana setiap orang yang memandang akan sembuh dan tidak akan mati. Tuhan menghendaki penurutan bangsa Israel dan meminta mereka untuk memandang hanya kepada Tuhan, namun mereka salah mempersepsikannya dimana mereka bahkan menyembah ular tembaga yang dibuat oleh Musa sehingga itu menjadi Ilah. Hal demikian tidaklah dikehendaki oleh Tuhan. Demikian sekarang ini, banyak hal-hal rohani dan atribut-atribut rohani bahkan pengetahuan akan kerohanian pada saat ini yang menyebabkan menjadi berhala karena lebih ditonjolkan daripada hidup secara rohani di dalam Tuhan. Kehidupan yang lebih menunjukkan kebenaran diri akan kerohaniaannya dibandingkan menunjukkan dan menonjolkan akan kasih Allah. Dan himbauan kepada umat-umat Tuhan pada Sabat ini yaitu, marilah kita memiliki iman yang teguh hanya kepada Kristus karena kita adalah milik Kristus dan kita bertumbuh di dalam Kristus hanya dengan lebih mengagungkan Allah sebagai pencipta di atas segala-galanya daripada mengangungkan ciptaanNya dan juga kebenaran diri sendiri.

Untuk menutup firman Tuhan yang baru disampaikan jemaat menyanyikan lagu penutup lagu sion nomor 19 “ Yesus Terindah “ dan diakhiri doa oleh bapak Mulana Simanjuntak. Selanjutnya jemaat dan juga para tamu yang hadir diundang untuk potluck bersama dan mengikuti acara kelas kemajuan Pathfinder dan Adventurer yang akan diadakan pada sore hari, dan juga mengikuti seminar SS dan PP Wilayah III dan IV di gereja Advent Bekasi pada pukul 15.00... Selamat Sabat..

-Mei-