Sunday, August 21, 2011

Phraos


Acara Vesper Kemang Pratama 19 Agustus 2011, dimulai tepat pukul 19.30 tepat. Acara vesper diawali dengan berdoa di dalam hati masing-masing. Acara vesper dipimpin oleh Saudara Didin. Jemaat menyanyikan lagu Sion nomor 242 “ Enam Hari Sudah Lalu “ sebagai lagu pembukaan dan diikuti dengan doa pembukaan. Lagu pujian disampaikan oleh ibu-ibu Kemang Pratama dengan judul “ Aku Masuk Dalam Taman “.

Syalomm. Firman Tuhan malam ini dibawakan oleh Gembala Jemaat Kemang Pratama Pendeta Sonny Kapitan dengan judul “ Phraos”, yang terdapat pada Firman Tuhan di dalam Galatia 5 : 22-23, yang mengingatkan umat-umat Tuhan akan pentingnya memiliki sifat ‘Phraos’ yang diambil dari bahasa Yunani yang berarti binatang buas yang telah dijinakkan. Dari sisi kerohanian kita diminta untuk memiliki ‘phraos’ di dunia yang penuh kekerasan. Karena janji Tuhan kepada umatNya yaitu akan berbahagia dan akan memiliki bumi yang baru yaitu kerajaan Sorga apabila umat-uamt Tuhan yang telah menerima Yesus memiliki kelemahlembutan yang dipantulkan melalui sikap hidup umat-umatNya. Alkitab mengingatkan tentang perhisan yang harus dikenakan oleh umat Tuhan yaitu perhiasan manusia batiniah, sikap ‘Phraos’ yakni sikap lemahlembut, tenang, tidak berpura-pura dan dapat mengendalikan diri. Kelemah lembutan adalah juga merupakan suatu kekuatan yang terkendali dengan baik, karena sering orang berpikir bahwa kelemah lembutan adalah kelemahan. Sehingga orang tidak mau belajar untuk memilikinya. Namun sebagai umat Tuhan kita diingatkan untuk tetap memiliki kelemahlembutan dalam kehidupan walaupun dunia tertawa dan pola pikir yang berbeda tentang kelemah-lembutan. Kelemah lembutan adalah suatu kekuatan yang terkendali dengan baik yang merupakan keteladanan yang Yesus berikan. Karena Umat Tuhan wajib untuk hidup sama seperti Yesus telah hidup dan mengikuti teladanNya. Dan himbauan pada malam ini yaitu, marilah kita belajar dengan pertolongan Roh Kudus untuk memilki kelemahlembutan yang kita tunjukkan di dalam kehidupan rumah tangga, lingkungan sekitar , lingkungan pekerjaan bahkan di dalam persekutuan umat-umat Tuhan. Sehingga umat Tuhan akan menjadi umat yang menang dan seimbang di dalam kehidupan kerohaniannya.

Untuk meng-amin firman Tuhan yang baru disampaikan jemaat menyanyikan lagu penutup lagu sion nomor 281 “ Aku Perlu Sungguh Pada Yesus “ dan ditutup dengan doa oleh Pendeta Sonny kapitan. Selanjutnya jemaat keluar dengan teratur dan membentuk lingkaran di halaman luar sambil menyanyikan lagu “ God is So Good “ dan mengucapkan yel-yel. Sampai jumpa Sabat pagi…

-Mei-