Wednesday, September 02, 2009

Yakub dan Belajar Kreatifitas

Hari Selasa 1 September 2009, jam sudah lewat dari pukul 18:30 malam. Anak-anak sudah ramai berkumpul di kelas-kelas, mereka menantikan dimulainya pelbagai aktifitas malam ini. Di malam ke-tiga KKR wilayah 4, anak-anak yang datang bertambah banyak. Malam ini ada 72 orang anak yang hadir di kelas dan diantaranya ada 2 orang tamu. Puji Tuhan ! Semakin banyak anak-anak yang rindu menerima berkat dari malam ke malam. Malam ini giliran ibu-ibu dari jemaat Narogong dan Bojong Menteng mendapat giliran membawakan pelajaran di kelas anak-anak. Seperti malam sebelumnya, kelas digabung menjadi satu. Sebelum belajar anak-anak diajak untuk bernyanyi bersama dipimpin oleh Ibu Lasma Hutagaol dari jemaat Bojong Menteng dan Ibu Rospita Simanjuntak dari jemaat Narogong. Anak-anak dari tiap-tiap jemaat juga diminta untuk menyanyikan sebuah lagu.

Setiap hari selalu saja ada yang baru. Inilah yang menjadi ciri khas yang baik dari kelas anak-anak yang berjalan di sepanjang KKR wilayah 4. Dengan suasana kelas yang selalu berganti, membuat anak-anak ingin terus datang dan hadir di kelas-kelas ini setiap malam. Malam ini Ibu Sri Pelawi membawa pelajaran kesehatan mengenai Demam Berdarah. Ibu Sri menggunakan LCD Projector sehingga anak-anak lebih dapat berkonsentrasi dalam memperhatikan pelajaran yang diberikan. Anak-anak diajarkan tentang arti demam berdarah yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang memiliki ciri-ciri yaitu badannya yang belang/berbintik hitam putih, tanda-tanda orang yang terjangkit demam berdarah, tempat-tempat yang disukai nyamuk demam berdarah diantaranya di pagar bambu, pot bunga dan bak mandi. Anak-anak juga diajar cara untuk mencegah terkena demam berdarah yaitu dengan cara 3M, yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur. Dengan penjelasan yang singkat dan jelas, anak-anak dapat menjawab semua pertanyaan yang diajuan ibu Sri Pelawi di akhir penjelasannya.

Usai mengikuti pelajaran kesehatan, anak-anak memasuki pelajaran Alkitab. Pelajaran Alkitab kali ini diambil dari kisah Yakub yang dibawakan oleh Ibu Herli Silitonga. Dengan menarik dan bersemangat Ibu Herli menceritakan mulai dari Yakub dan Esau dalam kandungan ibunya, kemudian saat Yakub menerima berkat dari ayahnya yang seharusnya berkat itu adalah milik Esau, diikuti oleh cerita saat pernikahan Yakub dengan Lea dan Rahel sampai dengan pertemuan kembali antara Yakub dengan Esau dimana mereka akhirnya saling memaafkan. Diakhir pelajaran anak-anak berbagi menjadi 3 kelas untuk mengikuti kegiatan kreatifitas.
Di kegiatan kreatifitas ini, ibu Rospita Simanjuntak dan Ibu Eva Sihotang memimpin di kelompok kelas taman kanak-kanak, dimana mereka diajak untuk menempel potongan-potongan gambar berbentuk lilin. Anak-anak sibuk menggunakan lem yang disediakan dan dengan hati-hati mulai menempel potongan gambar di kertas yang disediakan. Mereka begitu asyik dengan kegiatan ini. Di kelompok kelas 1-3 SD, mereka belajar membuat domba dari potongan-potongan gambar. Kegiatan di kelompok ini dipimpin oleh Ibu Lasma Hutagaol.

Sementara itu di kelompok kelas 4-6 SD yang dipimpin oleh Ibu Herli Silitonga, mereka nampak dengan tekun berusaha untuk mengingat kembali kisah Yakub yang baru saja diceritakan dengan menjawab kuis yang diberikan secara berkelompok berdasarkan jemaat masing-masing. Acara untuk anak ini berakhir menjelang berakhirnya KKR wilayah 4. Wajah-wajah penuh sukacita tergambar dari setiap anak yang keluar dari kelas. Mereka merasa diberkati dengan pelayanan malam. Ayo kita ajak anak-anak kita datang di KKR Wilayah 4 malam ini di GMAHK Kemang Pratama ! Mereka akan mendapatkan pelajaran-pelajaran yang baik, menarik dan bermanfaat bagi mereka semua setiap malam.