Thursday, September 03, 2009

Kepandaian Daniel dan Pelajaran Tentang Flu

Hari Rabu 2 September 2009 jam sedikit lewat dari 18:30 malam. Ruang kelas anak-anak di samping gereja mulai dipenuhi oleh anak-anak yang berasal dari jemaat yang tergabung di Wilayah 4 Konferens DKI Jakarta dan sekitarnya. Sementara anggota dewasa menikmati KKR di gereja, anak-anak yang menjadi permata keluarga tidak ketinggalan memperoleh pelayanan dari guru-guru sekolah sabat dari tiap-tiap sidang yang bergantian dari malam ke malam mengajar firman Tuhan dan aktifitas bagi anak-anak ini. Hari ini adalah malam ke-empat KKR Wilayah 4. Kali ini kelas anak-anak dilayani oleh guru-guru sekolah sabat dari jemaat Bukit Sion dan Vila Nusa Indah. Malam ini kelas sudah dilengkapi dengan mic dan speaker, sehingga anak-anak bisa mendengar suara guru dengan jelas.

Sekitar 60 orang anak hadir malam itu dan ada 2 tamu anak-anak yang datang bersama. Mereka bernyanyi dipimpin oleh Ibu Rosita Simanjuntak yang dibantu oleh Kartika Simanjuntak dan Narce Sinurat. Anak-anak dari tiap-tiap jemaat juga diminta untuk menyanyikan sebuah lagu. Doa buka dilayangkan oleh Ibu Flora Sinurat. Pelajaran kesehatan malam ini adalah tentang “Flu” yang disampaikan oleh Ibu Erna Lingga dibantu oleh Gerald Panjaitan dari jemaat Jakasampurna. Anak-anak belajar tentang ciri-ciri orang yang terkena flu yaitu bersin, demam dan diare. Flu bisa terjadi oleh karena stamina tubuh yang menurun. Bila terkena flu anak-anak dianjurkan untuk minum air putih yang banyak. Supaya tidak terkena flu, biasakan hidup bersih dan selalu mencuci tangan dengan sabun. Celine dari jemaat Vila Nusa Indah membantu ibu Lingga untuk mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang benar.

Sebelum cerita Alkitab, anak-anak diajak untuk bernyanyi kembali. Malam ini anak-anak mendapat pelajaran Alkitab tentang Daniel yang disampaikan oleh ibu Ribur Tamba. Diceritakan tentang Daniel yang pintar oleh karena suka makan sayur dan buah-buahan. Daniel juga dikaruniakan Tuhan kemampuan untuk mengartikan mimpi raja Nebukadnezar. Diceritakan juga bagaimana Daniel bersama ketiga sahabatnya Sadrak, Mesahk dan Abednego yang tidak mau menuruti perintah raja untuk menyembah patung yang dibuat raja sehingga ketiga sahabat Daniel dimasukkan ke dapur api. Tetapi Tuhan menyelamatkan mereka. Demikian juga Daniel yang dimasukkan ke kandang singa, namun Tuhan melindungi Daniel. Akhirnya raja mengakui bahwa Allah yang disembah Daniel beserta ketiga sahabatnya adalah Allah yang benar. Anak-anak diajak untuk berjanji mau menjadi seperti Daniel yang suka berdoa.

Usai pelajaran tentang Daniel yang baik ini, anak-anak berbagi kelas untuk melakukan kegiatan prakarya. Di kelompok Taman Kanak-kanak mereka melakukan kegiatan mewarnai. Warna merah, kuning, biru dan pilihan warna lainnya menyemarakkan gambar yang telah dipersiapkan. Dikelompok kelas 1-3 SD mereka mengerjakan puzzle. Potongan-potongan gambar dibentuk lagi menjadi gambar yang utuh. Wajah gembira terlihat saat mereka berhasil menyelesaikan puzzle ini. Di kelompok kelas 4-6 SD guru-guru menyiapkan teka-teki silang Alkitab. Dengan asyik mereka mengisi lembaran yang disedikan. Setelah selesai, mereka menyerahkan hasil dengan riang kepada guru yang bertugas. Tidak terasa jam menunjukkan pukul 21:00 malam. Doa tutup dilayangkan oleh Ibu Rosita Simanjuntak. Sebagaimana biasanya, sebelum pulang anak-anak mendapatkan bingkisan yang bisa mereka bawa pulang. Ayo, ajak anak-anak kita untuk datang di KKR malam ini di GMAHK Kemang Pratama ! Mereka akan mendapat pelajaran alkitab dan pelbagai aktifitas yang menarik yang disiapkan oleh guru-guru Sekolah Sabat jemaat Kemang Pratama malam ini.