Sunday, September 27, 2009

Satu Jiwa Dari Kemang Pratama Dibaptiskan

Hari Sabat 12 September 2009 adalah puncak dari KKR “Pengharapan Untuk Indonesia” yang dibawakan oleh Pendeta Mark Finley dan Pendeta Jonathan Kuntaraf. Sabat itu diperkirakan 11.000 orang termasuk anak-anak memenuhi gedung Hall A Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, dan menikmati hari Sabat yang dipenuhi dengan puji-pujian dan firman Tuhan yang dibawakan oleh Pendeta Mark Finley. Usai khotbah, setiap orang mencari tempat yang teduh di halaman parkir yang luas untuk beristirahat sambil menikmati makan siang. Seiring dengan puncak KKR, Sabat siang ini diadakan upacara baptisan yang dilakukan serentak bagi ratusan orang yang telah mengambil keputusan untuk menyerahkan dirinya kepada Yesus.

Usai makan siang orang-orang mulai menuju ke kolam renang Sunter yang terletak hanya sekitar 10 menit dari Hall A PRJ. Jam menunjukkan pukul 14:00 siang ketika pinggir kolam renang mulai dipenuhi oleh pelbagai anggota jemaat di Konferens DKI Jakarta dan sekitarnya. Pendeta Mark Finley, Pendeta Kuntaraf, beserta puluhan pendeta-pendeta lainnya sudah ada di tepi kolam renang. Ratusan orang-orang yang akan dibaptis juga sudah mulai berkumpul berkelompok bersama dengan gembala jemaat, ketua-ketua jemaat dan anggota-anggota jemaat yang mendampingi mereka. Satu per satu mereka memakai jubah baptisan yang telah disiapkan oleh tiap-tiap jemaat.

Pendeta Mastur Sitompul dari Konferens DKI Jakarta dan sekitarnya memberikan instruksi kepada calon baptisan agar mempersiapkan diri berdasarkan nomor urut yang telah diberikan kepada masing-masing. Nomor urut yang berisi nama dan jemaat asal dari calon baptisan akan diserahkan kepada pendeta yang membaptiskan mereka. Dengan demikian nanti akan mudah untuk administrasi dan pencatatan lebih lanjut. Dari jemaat Kemang Pratama Velan Sormin memutuskan untuk dibaptiskan di Sabat 12 September ini. Velan terlihat diapit bersama Ibu Dahlia Hutauruk, Ibu Tina Wira dan Ibu Evelyn Sormin. Ketika tiba saatnya untuk dibaptis, Velan berjalan perlahan ke tengah kolam. Pendeta R.Y. Hutauruk, gembala jemaat Kemang Pratama, menyambut dan siap untuk membaptiskan Velan.

Acara baptisan dipimpin langsung oleh Pendeta Mark Finley dan diterjemahkan oleh Pendeta Jonathan Kuntaraf. Pendeta Finley memimpin doa baptisan, sementara pendeta-pendeta menumpangkan tangan mereka kepada yang akan dibaptiskan. Usai doa, serentak puluhan pendeta membaptiskan mereka sambil diiringi nyanyian dari yang hadir. Tampak wajah-wajah yang berbahagia terpancar dari mereka yang telah dibaptiskan. Puji Tuhan ! Satu jiwa dari jemaat Kemang Pratama telah menerima Yesus sebagai Juruselamat pribadi pada Sabat ini.