Tuesday, September 01, 2009

Penurutan Yusuf dan Makanan Sehat

Hari Senin 31 Agustus 2009, KKR wilayah 4 telah memasuki hari kedua. Jam sudah menunjukkan pukul 18:30 malam. Sementara KKR berjalan di dalam gereja, anak-anak yang hadir juga mendapatkan pelajaran dan aktifitas yang baik untuk mereka. Kelas anak-anak kali ini dikoordinir oleh ibu-ibu guru dari jemaat Jakasampurna. Ada 10 orang ibu guru yang mengajar malam itu hadir dengan memakai seragam berwarna pink menambah kemeriahan di kelas anak-anak. Tidak seperti malam pertama, pada malam ini anak-anak bergabung dalam satu kelas, lebih dari 50 orang hadir dan diantaranya ada 3 orang tamu anak-anak yang datang pada mala mini. mereka bernyanyi bersama-sama dan bermain games dipimpin oleh ibu Ira Manafe. Anak-anak tampak bertambah semangat dengan suasana kelas yang dibuat cukup menarik oleh guru-guru.

Doa buka dilayangkan oleh ibu Fanny Saragih. Pelajaran kesehatan malam itu adalah mengenai makanan sehat disampaikan oleh ibu Angeline Hutabarat dan ibu Erna Lingga. Anak-anak belajar tentang manfaat sayur dan buah-buahan untuk kesehatan tubuh. Dengan alat-alat peraga yang sudah dipersiapkan anak-anak terlihat antusias memperhatikan semua penjelasan yang disampaikan. Satu pelajaran yang penting adalah anak-anak mengetahui bahaya yang bisa ditimbulkan bila suka mengkonsumsi mie instant, dan diakhir pelajaran anak-anak mengambil keputusan untuk belajar tidak makan mie instant lagi dan lebih banyak makan sayur dan buah.

Untuk mengetahui sejauh mana anak-anak mengingat pelajaran yang sudah diberikan, Ibu Relawati Sitinjak, Ibu Angeline Hutabarat dan ibu Hanny Simanjuntak mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada anak-anak dan setiap anak yang bisa menjawab diberikan hadiah. Hampir setiap anak berusaha untuk menjawab pertanyaan, Ibu Sherly Panjaitan, Ibu Risma Hasibuan dan Ibu Yanti Panggabean memperhatikan anak yang lebih dahulu mengangkat tangannya untuk menjawab pertanyaan. Pelajaran Alkitab tentang penurutan Yusuf disampaikan oleh ibu Rosdiana Sianipar. Cerita tentang Yusuf disampaikan dengan menarik membuat mata anak-anak tetap tertuju kedepan dan tidak terlihat anak-anak yang ribut atau berjalan-jalan dikelas. Di akhir cerita anak-anak dari setiap gereja yang hadir mendapat kesempatan untuk mendapat hadiah dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh ibu Rosdiana Sianipar. Doa tutup dilayangkan oleh ibu Hanny Simanjuntak.

Anak-anak berbagi kelas untuk melakukan kegiatan prakarya. Di kelompok taman kanak-kanak mereka melakukan kegiatan menempel gambar buah semangka. Ibu Ermin Nainggolan turut membantu dikelas ini. Kelompok kelas 1-2 SD mengerjakan teka-teki silang “Ditepi Danau” dengan memperhatikan gambar dan menuliskannya pada kolom-kolom teka-teki silang yang disiapkan terpisah. Kelompok kelas 3-4 SD mengerjakan teka-teki silang tentang orang-orang tertua yang ada dalam Alkitab. Dan kelompok kelas 5-6 SD mereka juga mengerjakan teka-teki silang Alkitab dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Semua anak-anak dengan tekun mengerjakan tugas yang diberikan. Sebelum pulang mereka mendapatkan hadiah oleh karena sudah menjadi anak yang baik selama mengikuti kelas.