Monday, November 30, 2009

Melayani Dengan Gembira

Matius 28:20 “ dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”






“Adik-adik semua, sore ini kita berkumpul untuk menyusun semua rencana pelayanan kerohanian kita di daerah nanti !”, ucap saya mengawali pertemuan dengan peserta yang terdiri dari siswa-siswi yang telah duduk di bangku SMP dan SMA. Ada beberapa orang dewasa yang juga akan ikut bersama rombongan. “Kita harus bawa sound system dan audio visual yang lengkap !”, sahut satu orang siswa yang bertugas di bagian perlengkapan. “Jangan lupa bawa mie, minyak goreng, ikan asin dan kerupuk ya !”, kata siswi yang bertanggung jawab di bagian kebutuhan makanan mengingatkan yang hadir. Banyak ide-ide persiapan yang keluar dari mereka yang penuh dengan semangat siang itu. Hari yang ditentukan tiba. Dari Balikpapan mereka menuju ke pelabuhan. Di sana sudah menunggu Ferry yang akan menyeberangkan mereka sekitar satu jam. “Ayo kita naik ke dalam bis !”, ujar seorang pemimpin rombongan saat tiba di seberang. “Wah, di sini sepi sekali ya… Sejak kita berangkat hanya ada hutan di kiri dan kanan kita !”, ujar seorang siswi kepada teman di sebelahnya. “Ya iyalah, kan ini hanya kota kecil. Pasti berbeda suasananya dari kota besar.”, sambut temannya ringan sambil tersenyum. Tidak terasa perjalanan selama 6 jam ditempuh untuk tiba di kota tujuan.

“Ayo, sekarang kita mulai masak. Sudah lapar nih…!”, ajak seorang siswa kepada teman-temannya. Dengan sigap mereka menyiapkan makan malam untuk mereka. Setelah itu semua bergegas menyiapkan diri melakukan pelayanan kerohanian kepada penduduk di kota itu. Setiap pagi dan malam kami berdoa meminta perlindungan dan pertolongan Tuhan agar kami dapat melakukan pelayanan dengan baik. “Sekarang kita berbagi kelompok ya. Kamu dengan teman-teman pergi ke sebelah sana untuk memimpin kebaktian pagi. Sementara yang lain ikut saya untuk melayani di sini.”, ujar pemimpin membagi tugas pelayanan kepada peserta. Semua bergegas melakukan tugas dengan gembira. Saya baru bisa bergabung dengan mereka tiga hari kemudian. “Bagaimana keadaan kalian di sini ? Kakak dengar kalian sempat kehabisan beras ?”, tanya saya dengan khawatir kepada mereka. “Tidak apa-apa bang ! Memang sempat kita kekurangan, tapi bisa diatasi segera. Kita semua senang melakukan pelayanan di sini !”, ucap salah seorang siswa yang disambut anggukan setuju wajah-wajah yang penuh dengan semangat di sekitar saya. “Bang, kami disini banyak mendapat pelajaran. Kami harus bisa berdoa untuk orang tua yang ada di sini, belajar memberi semangat kepada mereka walaupun kami masih muda.”, ujar seorang siswa SMA dengan mata berbinar. “Iya bang ! Kami datangi seorang bapak, dia berkata dia sedih bahwa anaknya tidak menghormati dia dan sudah tidak mau lagi mengikuti kebaktian. Kami minta Tuhan menolong kami agar bisa membantu bapak ini. Kami datang pagi-pagi sekali ke rumahnya, membawa Alkitab dan berdoa untuk dia. Bapak itu senang dan merasa dikuatkan. Kami pun dikuatkan.”, sambut siswi yang lain. Saya terharu dengan semangat pemuda-pemudi ini dalam melakukan pelayanan.

Ayat renungan pagi ini mengatakan bahwa kita memiliki tugas untuk membagikan firman Tuhan kepada orang lain dan Tuhan akan menyertai kita selalu. Banyak orang mengalami tekanan dan beratnya tanggungan dalam hidup mereka. Di sekeliling kita ada orang-orang yang membutuhkan dukungan dan dorongan dari orang lain agar mereka dapat terus berdiri menghadapi setiap masalah dalam hidup mereka. Mereka rindu mendengarkan kabar baik yang dapat menyegarkan mereka kembali. Saat Yesus dan murid-murid-Nya melakukan pelayanan, banyak orang yang berbeban menjadi gembira, yang letih-lesu dikuatkan, dan yang patah semangat dihiburkan. Kita diajak untuk melakukan pelayanan kepada sesama kita, membagikan kabar baik yang menghiburkan dan memperkenalkan kasih Tuhan yang mereka rindukan. Tuhan akan menyertai kita dalam setiap pelayanan yang kita lakukan, dan memberikan berkat kebahagiaan untuk mereka yang dilayani dan bagi kita yang melayani. Mari kita melayani Tuhan dengan gembira.

Have a good day !

Bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat anda.