Thursday, November 26, 2009

Pengharapan Surgawi

Hari Sabat 21 November 2009, jemaat Kemang Pratama bersama dengan tamu-tamu yang hadir tengah bersiap memasuki jam kebaktian khotbah. Sabat ini jemaat menerima sekitar tiga puluh orang tamu yang tergabung dalam rombongan jemaat Maranatha, Singapore. Tergabung di dalamnya adalah Maranatha Kids Choir, paduan suara anak-anak yang tengah melakukan rekaman album mereka di Jakarta. Di awal kebaktian, sebuah lagu berjudul "Tambahkanlah T’rang Lampumu" dibawakan oleh koor Bakti Wanita Advent Kemang Pratama. Ibu Naomi Tobing membawakan cerita untuk anak-anak yang mengajak anak-anak untuk saling mengasihi teman-temannya satu dengan yang lain. Anak-anak mendengar dengan baik nasehat yang diberikan lewat cerita itu.

“Shine Jesus Shine”, adalah lagu pertama yangdibawakan oleh Maranatha Choir Kids. Walau pun anggota koor ini telah selama satu minggu sudah lelah dengan jadwal rekaman yang padat, namun mereka tetap tampil dengan prima. Setelah itu sebuah lagu berjudul “Amazing Grace” dinyanyikan dengan merdu dan penuh penghayatan. Syair lagu yang menceritakan kasih Allah yang besar, yang luar biasa bagi manusia, sehingga kita boleh layak untuk memperoleh keselamatan dari Tuhan. Semua lagu-lagu pujian telah mengangkat hati yang hadir untuk bersiap menerima firman Tuhan yang dibawakan oleh Ibu Dahlia Hutauruk berjudul “Misi Pengharapan Surgawi”.

Firman yang dibawakan ini adalah bagian awal dari rangkaian Pekan Doa yang bertema “Misi Pengharapan.” Ibu Dahlia menyampaikan bahwa kita semua merasakan berkat yang besar oleh lagu-lagu yang merdu yang dibawakan oleh Koor BWA dan Maranatha Kids Choir. “Kita sudah sering mendengar tentang misi pengharapan. Bahkan sejak saya masih kecil pun, kata-kata ini begitu melekat di pikiran saya. Mengapa misi pengharapan ini masih disebut hingga saat ini ? Karena ini adalah tema yang sangat menarik. Ada mutiara-mutiara yang terkandung di dalamnya.”, kata Ibu Dahlia di awal khotbahnya. “Tuhan sanggup untuk melaksanakan sendiri misi ini. Tetapi Tuhan melihat kita sebagai mahluk yang istimewa yang dapat dilibatkan untuk membawakan misi ini kepada semua manusia.”, ucap Ibu Dahlia menerangkan alasan Tuhan melibatkan kita dalam membawa misi ini.

“Misi ini perlu kasih, sebagai bahan bakar yg membuat berkobar semangat setiap manusia dalam menjalankan misi. Gereja diorganisir untuk menjalankan misi Tuhan. Gereja tidak cukup hanya belajar dan berdiskusi saja, tapi harus menjalankan misi seperti yang Yesus jalani.”, lanjut Ibu Dahlia menjelaskan tentang perlunya kasih dalam setiap pelayanan kepada Tuhan. “Yesus telah menjalani misi Allah dengan penuh ketekunan dan penyerahan kepada Allah Bapa. Yesus sudah berada di surga saat ini. Ia ingin kita pengikutnya menjalankan misi ini. Misi ini dapat tercapai bila kita menyerahkan semua hati dan jiwa kita untuk mengabarkan cerita tentang kasih Allah.”, terang Ibu Dahlia kepada semua yang hadir. “Allah telah mengutus anak-Nya untuk datang ke dunia. Kehidupan Bapa terpantul dari apa Yesus teladani kepada kita semua. Adakah kita memantulkan Yesus dalam hidup kita setiap hari? Yesus telah menyelesaikan tugas dari Bapa-Nya. Kita juga telah diutus oleh Yesus untuk menyelesaikan misi pekabaran keselamatan surgawi kepada sesama manusia. Marilah kita menjalankan peran kita masing-masing sebagai pelayan Allah untuk memberitakan keselamatan kepada setiap orang.”, ajak Ibu Dahlia sekaligus mengakhiri firman pada hari Sabat ini. Di akhir khotbah, Maranatha Kids membawakan sebuah lagu yang merdu berjudul “Faith Of Our Fathers”, dalam format kwartet. Lagu ini menyatakan bahwa iman orang saleh itu kekal, tak ada yang dapat membinasakannya. Semua diajak untuk memiliki iman yang kekal kepada Tuhan, agar kita semua tiba di surga yang kita rindukan. Puji Tuhan untuk rangkaian kebaktian yang indah di hari Sabat ini !

Jemaat Kemang Pratama menyampaikan terima kasih kepada jemaat Maranatha, Singapore beserta Maranatha Kids Choir yang telah ikut menyampaikan puji-pujian kepada Tuhan di hari Sabat ini. Tuhan memberkati rencana jemaat Maranatha dan dalam setiap pelayanan kepada-Nya. Amin.