Thursday, November 12, 2009

Upah Kesetiaan

Hari Sabat 7 November 2009, cuaca cerah di luar gereja mengiringi jemaat Kemang Pratama saat memasuki jam kebaktian khotbah. Ibu Ully Tambunan membawakan sebuah cerita yang menarik bagi anak-anak. Semua mengikuti dengan penuh minat. Sebuah lagu istimewa berjudul “Ride The Morning Winds”, dinyanyikan dengan kompak dan merdu oleh Koor Jemaat Kemang Pratama yang dipimpin oleh Bapak Gilbert Sinaga. Lagu ini menceritakan bahwa Tuhan ada di sisi kita selalu, sehingga kita akan sanggup melewati lautan yang sekalipun dan tidak akan pernah hilang. Syair yang memberikan kekuatan bagi semua, dan menyiapkan hati untuk mendengarkan khotbah berjudul “Upah Kesetiaan” yang dibawakan oleh Bapak Munas Tambunan.

“Daniel adalah seorang pemuda yang setia kepada Tuhan. Dia selalu datang secara teratur tiga kali sehari untuk bertemu dengan Tuhan, bercakap-cakap dengan Tuhan dan mendengarkan kehendak Tuhan baginya. Tuhan menyertai Daniel, dan memberikan upah bagi kesetiaannya.”, ucap Bapak Munas memulai khotbahnya. Sebelum melanjutkan firman siang itu, Bapak Munas mengundang Bapak Zepelin Sijabat untuk membawan lagu yang indah berjudul “I’d Rather Have Jesus”. Lagu yang merdu dengan syair yang menguatkan kita untuk selalu memilih Yesus. “Ketika bangsa Israel ditawan di Babel, Raja Nebukadnezar melatih mereka dengan kebiasaan yang baru, dengan maksud menghilangkan identitas mereka. Tetapi ada sekolompok orang yang tidak mau berkompromi dengan rencana raja. Mereka tetap mempertahankan identitas sebagai umat Tuhan. Daniel dan sahabatnya bisa membuktikan bahwa mereka 10 kali lipat lebih pintar dari pemuda lain dengan mempertahankan prinsip dalam makanan dan minuman. Daniel pun mengisi posisi yang baik dalam pemerintahan raja.”, lanjut Bapak Munas tentang apa yang Daniel peroleh dengan tetap setia kepada Tuhan.

“Ketika orang berada di posisi yang penting seperti Daniel, banyak yang tidak suka dan iri, berusaha menyingkirkannya. Mereka mengintai apa yang menjadi pelanggaran Daniel, agar dia dijatuhkan dari jabatannya.”, urai Bapak Munas lagi. Sebuah lagu “You Are Awesome In This Place”, dinyanyikan oleh duet Bapak Munas dan Fidella Tambunan di tengah khotbah. “Apa yang dibuat oleh orang lain justru membuat Daniel lebih teguh dalam bersandar kepada Tuhan. Ia berdoa dengan tidak berkeputusan. Daniel tidak gentar dengan ancaman manusia. Ia lebih percaya kepada Tuhan yang selalu melindunginya.”, kata Bapak Munas melanjutkan. Perintah raja datang, Daniel dijebloskan ke lubang singa, yang di dalamnya sudah menanti beberapa singa yang sangat lapar. “Tuhan menunjukkan keperkasaan dan lindungan-Nya kepada umat yang setia kepada-Nya. Daniel lepas dari bahaya, raja menjadi takjub, dan ia mendapat kelepasan dari ancaman. Bila kita setia kepada Tuhan, kita akan mendapatkan upah yang Tuhan sediakan. Tuhan senantiasa melindungi umat-Nya. Marilah kita tetap setia kepada-Nya.”, ujar Bapak Munas mengakhiri khotbah yang menguatkan pada Sabat siang ini.