Sunday, November 01, 2009

Tuhan Memberikan Pengertian

2 Timotius 1 : 7 “Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.”





Tidak terasa anak pertama kami kini sudah memasuki usia sekolah. Senangnya kami karena saat inilah pengalaman pertama dalam hidupnya mengenal dunia pendidikan. “Waduh pa…, mama jadi bingung loh mau memilih sekolah mana yang cocok untuk anak kita!”, ujar istri kepada saya di satu hari, “Prioritas kita adalah memilih sekolah yang dekat dari rumah, jadi si abang tidak terlalu lelah karena perjalanan.”, jawab saya. Keesokan harinya kami mulai mencari sekolah, tetapi belum berhasil karena tidak sesuai dengan yang kami inginkan. “Karena hari sudah sore, bagaimana kalau kita lanjutkan besok saja untuk melihat sekolah lain. Beberapa sekolah yang kita lihat hari ini sepertinya masih kurang cocok ya pa?”, kata istri saya. “Ternyata tidak mudah ya ma menentukan sekolah yang tepat sesuai dengan kesanggupan kita. Semoga besok Tuhan akan mempertemukan sekolah yang cocok untuk anak kita. Sekarang kita pulang saja ya…”, ajak saya. Keesokan harinya, kami mulai lagi mengunjungi beberapa sekolah. Akhirnya kami kami menemukan satu sekolah yang sepertinya cocok. “Sekolah kami memberikan kesempatan satu hari kepada calon murid untuk uji coba belajar di sini…”, kata bapak kepala sekolah kepada kami. “Wah, terimakasih sekali pak! Kesempatan yang baik untuk kami. Besok kami akan datang membawa putra kami ke sini!”, jawab saya sambil berpamitan pulang.

Setibanya di rumah saya langsung temui si abang yang sedang bermain sendiri. “Papa dan mama sudah menemukan sekolah untuk abang. Besok abang papa antar ke sekolah, sekaligus abang bisa coba apakah suka atau tidak di situ.”, jelas saya pada si sulung. “Oke papa, abang siaaapppp!”, jawabnya dengan semangat. Pagi-pagi sekali kami berangkat menuju sekolah agar bisa lebih tenang dalam perjalanan. Setibanya di sana dengan sedikit harap cemas kami antar putra kami ke kelasnya. “Papa dan mama tidak perlu antar abang ya…abang kan sudah besar, jadi sudah bisa sendiri”, katanya dengan senyum. “Iya sayang, selamat belajar ya…!”, jawab kami yang masih terkejut dengan perkataannya. Tidak sabar juga rasanya menunggu dia selesai mengikuti proses belajar hari itu sambil sedikit cemas untuk tahu apakah dia suka dengan sekolah ini. “Papa, mama.., abang mau dong sekolah di sini! Teman-temannya baik, belajarnya juga enak loh!”, kata itu yang keluar dari si abang ketika bertemu kami yang sedang menunggu di halaman sekolah. “Oh yaa…? Memang teman abang seperti apa?”, tanya kami ingin tahu. “Teman satu bangku abang baru pindah dari Australia pa…, dia belum bisa bahasa Indonesia. Teman-teman yang lain enggak berani mengajak bicara, tetapi abang berani loh pa…! Asyiiik deh punya teman baru…!”, ucapnya riang sambil tertawa. Hari-hari kemudian adalah hari yang menyenangkan kami semua. Kami telah membuat pilihan yang tepat. Anak kami begitu senang bersekolah di sana. Itu terlihat dari nilai dan keberhasilan dia mengikuti pelajaran serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sekolah. Semoga saja ini merupakan awal yang baik dalam hidupnya.

Ayat renungan pagi ini mengatakan bahwa Tuhan akan memberikan kepada kita pengertian dalam segala sesuatu. Hidup penuh dengan pilihan. Setiap hari kita harus memilih untuk satu hal. Menentukan pilihan terhadap bukanlah hal yang mudah untuk banyak orang. Ada banyak yang harus dipertimbangkan sebelum kita dapat memutuskan pilihan kita. Terkadang kita dihadapkan pada pilihan yang sulit dan harus siap menghadapi konsekuensi dari pilihan tersebut, entah itu keberhasilan atau kegagalan nantinya. Yang terpenting adalah bagaimana agar pilihan tersebut tidak menimbulkan kesulitan buat kita di kemudian hari. Kita perlu pengertian dari Tuhan dalam melakukan pilihan, agar kita boleh mendapatkan hasil yang baik dan membahagiakan. Tuhan akan menolong kita, memberikan pengertian yang dalam segala sesuatu yang kita hadapi. Kita selidiki firman Tuhan, kita datang kepadaNya, berbicara kepadaNya, membiarkan Tuhan ikut campur dan menuntun kita dalam membuat pilihan yang bijaksana.

Enjoy your holiday!